PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan
Keterampilan
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran ditentukan
oleh kelompok guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan materi esensial,
kompleksitas, intake siswa, dan daya dukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.
1.
Rekapitulasi Hasil Analisis Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) Setiap Mata Pelajaran.
REKAP KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL (KKM)
SMP
NEGERI 1 JEPARA TAHUN 2021/2022
Mata
Pelajaran |
KKM
|
||
VII
|
VIII
|
IX |
|
|
|
|
|
A.
KELOMPOK A |
|
|
|
1. Pendidikan Agama
dan Budi Pekerti |
80 |
80 |
80 |
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
75 |
78 |
80 |
3. Bahasa Indonesia |
75 |
78 |
80 |
4. Matematika |
74 |
78 |
80 |
5. IPA |
73 |
75 |
78 |
6. IPS |
73 |
76 |
78 |
7. Bahasa
Inggris |
73 |
78 |
80 |
B.
KELOMPOK B |
|
|
|
8. Seni Budaya |
75 |
75 |
76 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
75 |
78 |
78 |
10. Prakarya |
75 |
75 |
75 |
11. Bahasa Jawa |
73 |
75 |
76 |
C. Pengembangan
Diri BK , PRAMUKA, BTIK |
Minimal
B (Baik) |
2.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Berdasarkan analisis KKM ditetapkan SMP Negeri 1 Jepara
menggunakan KKM multi yaitu
a. Kelas VII :
1)
KKM 75
untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn), Bahasa Indonesia, Seni
budaya, Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ), dan Prakarya.
2)
KKM
74 untuk mata pelajaran Matematika.
3)
KKM
73 untuk mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.
4)
KKM
80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
b. Kelas VIII :
1)
KKM
75 untuk mata pelajaran IPA, Seni budaya, Prakarya, dan Bahasa Jawa,
2)
KKM
76 untuk mata pelajaran IPS
3)
KKM
78 untuk mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PJOK.
4)
KKM
80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
c. Kelas IX :
1)
KKM
75 untuk mata pelajaran Prakarya
2)
KKM
76 untuk mata pelajaran Seni budaya dan Bahasa Jawa.
3)
KKM
78 untuk mata pelajaran IPA,
IPS,
PJOK.
4)
KKM
80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, dan Bahasa Inggris.
Dengan interval nilai
dan predikat KKM Multi Pengetahuan dan Keterampilan sebagai berikut.
No. |
KKM |
RENTANG
NILAI |
|||
A |
B |
C |
D |
||
|
80 |
> 93 – 100 |
> 86 - 93 |
> 80 – 86 |
<80 |
|
78 |
> 93 – 100 |
> 85 - 93 |
> 78 – 85 |
<78 |
|
76 |
> 92 – 100 |
> 83 - 92 |
> 76- 83 |
< 76 |
|
75 |
> 92 - 100 |
> 82 - 92 |
> 75 – 82 |
< 75 |
|
74 |
> 91 - 100 |
> 81 - 91 |
> 74 – 81 |
< 74 |
|
73 |
> 90 - 100 |
> 80 - 91 |
> 73 – 80 |
< 73 |
3.
Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar
Pelaksanaan
penilaian hasil belajar di SMP Negeri 1 Jepara, menggunakan jenis dan teknik
sebagai berikut.
Jenis |
Tehnik
Penilaian |
Penilaian
Sikap |
Utama
: ·
Observasi
guru mata pelajaran selama 1 semester, dan ·
Observasi
wali kelas dan guru BK selama 1 semester Penunjang: ·
Penilaian
antar teman, dan ·
Penilaian
diri |
Penilaian
Pengetahuan |
·
Tes
Tulis ·
Tes
Lisan ·
Penugasan |
Penilaian
Ketrampilan |
·
Praktek
·
Produk ·
Proyek ·
Portofolio |
Pelaksanaan Penilaian dilakukan oleh :
a. Pemerintah
b. Satuan Pendidikan
c. Pendidik
Mekanisme dan prosedur pelaporan Hasil Belajar Nilai
proses diperoleh melalui :
a. TLS = Tes Tulis
b. LSN = Tes Lisan
c. TT = Tugas Terstruktur
d. TM = Tugas Mandiri
e. PRK = Praktik
f. PDK = Produk
g. PRO = Proyek
h. PF = Portofolio
i.
SKP
= Sikap
2)
Remidial dan Pengayaan
Setelah KKM ditentukan,
capaian pembelajaran peserta didik dapat dievaluasi ketuntasannya. Peserta
didik yang belum mencapai KKM berarti belum tuntas, wajib mengikuti program
remedial, sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan tuntas dan
dapat diberikan pengayaan.
4.1. Remedial
Remedial merupakan
program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai
KKM dalam satu KD tertentu. Pembelajaran remedial diberikan segera setelah
peserta didik diketahui belum mencapai KKM. Pembelajaran remedial dilakukan
untuk memenuhi kebutuhan/hak peserta didik. Dalam pembelajaran remedial,
pendidik membantu peserta didik untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapi secara
mandiri, mengatasi kesulitan dengan memperbaiki sendiri cara belajar dan sikap
belajarnya yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal.
4.2 Pengayaan
Pengayaan merupakan
program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui
KKM. Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang
dipelajari. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui
telah mencapai KKM berdasarkan hasil PH. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya
diberikan sekali, tidak berulangkali sebagaimana pembelajaran remedial.
Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian.
1. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
1. Kriteria Kenaikan
Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Peserta
didik SMP Negeri 1 Jepara dinyatakan
NAIK KELAS apabila memenuhi kriteria kenaikan kelas berikut.
a. Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang
diikuti;
b. Deskripsi
sikap BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan;
c. Nilai
ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan, Bimbingan
konseling, Bimbingan TIK minimal BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan
oleh satuan pendidikan;
d.
Tidak memiliki LEBIH DARI 2 (dua) mata
pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi
keterampilannya di bawah KKM atau belum tuntas;
e.
kehadiran siswa minimal 85% dari jumlah hari efektif;
f.
ditetapkan
berdasarkan hasil rapat pleno dewan guru.
2. Kriteria Kelulusan
Untuk
menentukan kriteria atau acuan kelulusan perlu dipertimbangkan situasi dan
kondisi siswa, lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga, dan tenaga
pendidik dan kependidikan juga mempertimbangkan pedoman-pedoman yang berlaku.
Kriteria kelulusan tersebut ditentukan sebagai berikut;
a.
Peserta
didik mengikuti kegiatan belajar di kelas IX sekurang-kurangnya 80% hari
belajar efektif (HBE).
b.
Peserta
didik telah mengikuti program pembelajaran seluruh mata pelajaran yang terdapat
pada Kurikulum SMP Negeri 1 Jepara ini.
c.
Peserta didik memperoleh nilai minimal baik ( ≥ 75 ) pada penilaian akhir
untuk seluruh mata pelajaran : (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia, (2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, (3)
kelompok mata pelajaran estetika, dan (4) kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga
dan kesehatan.
d.
Lulus
Ujian Praktik dengan nilai sekurang-kurangnya 60 untuk setiap mata pelajaran
yang diujikan.
e.
Lulus
Ujian Sekolah dengan nilai sekurang-kurangnya 60 untuk setiap mata pelajaran
yang diujikan; sesuai dengan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Sekolah yang
berlaku.
f.
Mengikuti
Ujian Nasional dengan nilai sekurang-kurangnya sesuai
dengan ketentuan yang ditentukan pemerintah; sesuai dengan POS (Prosedur
Operasi Standar) Ujian Nasional yang berlaku.
g.
Mengikuti
ketentuan/Peraturan yang berlaku.
h.
Ditetapkan
dalam rapat Dewan Guru.
Materi ini dapat didownload di link berikut : https://docs.google.com/uc?export=download&id=1ZT1gV4pcLx4JtL9pYcpm2ZVN2vs1fZk-/view?usp=sharing
Comments
Post a Comment