CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA




PROPOSAL
RENOVASI MUSHOLLA AN-NUR

 

Sekretariat : Musholla An-Nur, Ngasem RT.04 Rw.01, Kec. Batealit, Kab. Jepara,
Hp. 082328266176


Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dangan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh 100 biji,. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui (QS. Al-Baqarah 261)


Nomor        : 01/Pan.Ren.Annur/IV/2018
Lampiran   : 1 (satu) buah proposal
Hal             : Permohonan bantuan dana


Kepada Yth    :
...................................................................................................................................................................................................
                             
Assalamu‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Teriring salam tadzim kami sampaikan, semoga Bapak, Ibu dan saudara selalu dalam keberkahan dan lindungan Allah SWT. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, amin ya robbal ‘alamin.
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya renovasi Musholla  An-Nur (berupa pemasangan gypsum dan pengecatan tembok, kubah, pintu, dan jendela), maka dengan ini kami memohon bantuan dana / material kepada bapak/Ibu demi kelancaran pelakasanaan renovasi tersebut. Adapun anggaran dana terlampir
Semoga partisipasi dan bantuan Bapak/Ibu dan saudara menjadi amal shalih di sisi Allah SWT, dan mendapat balasan yang berlipat ganda, dimudahkan segala urusannya serta diberkahi, amin ya robbal ‘alamin.
Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Ngasem, 16 April 2018
Panitia Renovasi Musholla An-Nur
Ketua                                                              Sekretaris



    Mirza Zakharia                                                       Su`aib
                                                            Mengetahui,
                                                Nadzir Musholla An-Nur


H. Saifullah


I. PENDAHULUAN

Musholla An-Nur terletak di desa Ngasem RT.04 RW.01 Batealit Jepara. Seiring dengan bertambahnya jumlah warga yang menunaikan ibadah maka perbaikan atau renovasi Musholla sangat diperlukan. Mengingat pertumbuhan kesadaran warga yang begitu cepat dan melihat kondisi yang sedemikian rupa serta didorong rasa tanggung jawab terhadap syi’ar Islam dan ummat, timbul niat, tekad dan keinginan  yang kuat untuk merenovasi kembali Musholla yang lebih representatif, sebagaimana yang didambakan oleh umat Islam di desa Ngasem RT.04 RW.01.
1. Latar Belakang

1.1 Maksud
Umat manusia saat ini mengalami degradasi akhlak dan kurang mengamalkan

agama. Pesatnya perubahan di era globalisasi, canggihnya teknologi komunikasi juga pertumbuhan yang pesat berdampak positif dan negatif, berpengaruh pada perubahan nilai dan tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan, terutama di bidang mental spiritual dan akhlak.
Untuk mengantisipasi dan sebagai jawaban terhadap tantangan itu dibutuhkan sarana penunjang peribadatan berupa Musholla yang representatif yang dimaksudkan sebagai benteng dan pusat pembinaan mental spiritual dan akhlak seluruh warga muslim desa Ngasem RT.04 RW.01.
1.2. Tujuan

Mengupayakan tempat yang nyaman  yang bisa menampung jamaah agar bisa menambah kekhusyu’an dalam melaksanakan sholat berjamaah serta untuk menciptakan suasana Musholla yang nyaman agar umat merasa lebih senang beribadah di Musholla.

II. LANDASAN

2.1 Alquran

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang- orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. At-Taubah 18).

2.2 Hadist

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam Hadist shahihnya:

Dari Utsman bin Affan -radhiyallahuanhu- dia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu  alaihi  wa  sallam  bersabda,  Barangsiapa  yang  membangun  masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga.” (HR. Muslim)

III. KEGIATAN

3.1. Nama kegiatan            : Renovasi Musholla An-Nur

3.2. Bentuk Kegiatan         :

a. Persiapan administrasi dan pengurusan surat-surat Musholla. b. Kerja bakti warga secara berkala pada lahan sekitar Musholla. c. Penggalangan dana.
d. Pembangunan fisik Musholla.


V. PANITIA PEMBANGUNAN/RENOVASI

Susunan Kepanitian Renovasi Musholla An-Nur sebagai berikut :

Penanggung Jawab     : H. Saifullah (Nadhir Musholla An-Nur)
Ketua Panitia              : Mirza Zakharia
Sekretaris                    : Su`aib
Bendahara                   : Sukirno


VI. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Rencana Anggaran Biaya yang diperlukan dalam pembangunan Musholla An-Nur ini diperkirakan sebesar Rp. 4.165.000,- . (Empat Juta Seratus Enam Puluh Lima Ribu Rupiah) dan saat ini sudah ada saldo sebesar Rp. 2.000.000,- sehingga kekurangan yang dibutuhkan sebesar Rp. 2.165.000,- adapun Rencana Anggaran Biaya: terlampir.

VII. PENDANAAN

9.1. Sumber Dana

1.   Umat Islam warga desa Ngasem RT.04 RW.01.

2.   Para pengusaha/pedagang di sekitar Lingkungan desa Ngasem RT.04 RW.01

3.   Donatur perorangan.


9.2. Penggalangan Dana

1.   Berusaha  mencari  dan  menerima  bantuan  dari  manapun  dan  siapapun  yang sesuai syari’at Islam.
2.   Mengumpulkan ZIS dari masyarakat dengan sukarela.


VIII. PENUTUP

Proposal  ini  dibuat  dengan  harapan  semoga  akan  mendapat  doa  restu, respon  positif  dan  bantuan  Bapak,  Ibu  dan  Saudara  sehingga  dapat  terlaksana renovasi Musholla An-Nur di desa Ngasem RT.04 RW.01.
Akhirnya kami hanya bisa berharap kepada Allah, semoga apa yang Bapak, Ibu, Saudara berikan untuk Renovasi Musholla mendapat balasan yang berlipat ganda dan apa yang tersisa diberkahi oleh Allah SWT, Amin ya robbal alamin.






* Bantuan, sumbangan atau amal jariyah, zakat, infaq dan shadaqoh Bapak, Ibu, Saudara sekalian dapat disalurkan langsung  ke Nadhir atau Panitia  Renovasi Musholla An-Nur, dengan alamat : desa Ngasem RT.04 RW.01 atau menghubungi Nomor 082328266176

                                    











RENCANA ANGGARAN BIAYA
RENOVASI MUSHOLLA AN-NUR
NGASEM RT.04 RW.01 BATEALIT JEPARA

NO
NAMA  BARANG
SATUAN
HARGA PER@
JUMLAH
1
Cat Tembok Mowilex 14 Kg
-
-
Rp. 2.100.000,-
2
Cat Kayu Mowilex 5 Kg
-
-
Rp.    375.000,-
3
Tenaga Tukang Cat
10 hari
Rp. 100.000,-
Rp. 1.000.000,-
4
Tenaga Grenda
2 hari
Rp.   75.000,-
Rp.    150.000,-
5
Tenaga Pasang Gypsum
2 hari
Rp. 170.000,-
Rp.    340.000,-
6
Kuas, dll
-
-
Rp.    200.000,-
TOTAL
Rp. 4.165.000,-

Comments

Popular posts from this blog

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research