22 Permainan dinamika kelompok untuk perkenalan


1.    DERET NAMA
Alat : -
Aturan :
ü  Dalam satu kelompok diminta berbaris kebelakang sesuai nama berdasarkan urutan abjad
ü  Diberi waktu 1 menit
Tujuan :
Agar setiap peserta dapat mengetahui nama teman dalam satu kelompoknya

2.    DERET TANGGAL
Alat : -
Aturan :
ü  Dalam satu kelompok diminta berbaris kebelakang sesuai tanggal lahirdari 1 - 31
ü  Diberi waktu 1 menit
Tujuan :
Agar setiap peserta dapat mengenal lebih jauh teman dalam satu kelompoknya

3.    DERET KOTA
Alat : -
Aturan :
ü  Dalam satu kelompok diminta berbaris kebelakang sesuai asal kota berdasarkan urutan abjad
ü  Diberi waktu 1 menit
Tujuan :
Agar setiap peserta dapat mengenal lebih jauh teman dalam satu kelompoknya
4.    LINGKARAN NAMA
Alat : -
Aturan :
ü  Seluruh peserta diminta berdiri dan membuat lingkaran sesuai nama berdasarkan urutan abjad dari kiri ke kanan
ü  Diberi waktu 1 menit
Tujuan :
Agar setiap peserta dapat mengetahui nama teman dalam kegiatan tersebut

5.    PESAWAT NAMA
Alat : kertas
Aturan :
ü  Peserta diminta membuat pesawat dari kertas yang telah disiapkan
ü  Pesawat kertas ditulisi nama masing-masing
ü  Setelah ada aba-aba pesawat diterbangkan keatas
ü  Setiap peserta menangkap satu pesawat
ü  Setelah peserta mendapatkan satu pesawat kemudian dipersilahkan berkenalan lebih lanjut dengan pemilik pesawat tersebut

6.    KARTU NAMA
Alat : kertas seukuran kartu nama
Aturan :
ü  Setiap peserta diberi kertas
ü  Peserta mengisi biodata dirinya di kertas tersebut
ü  Kertas dikumpulkan kemudian dikocok / diacak
ü  Setiap peserta maju bergantian mengambil satu kartu
ü  Salah satu peserta ditunjuk maju untuk membacakan biodata peserta lain sesuai kartu yang didapat
ü  Peserta yang disebutkan maju kedepan membacakan kartu yang didapat
ü  Demikian seterusnya hingga semua maju kedepan

7.    MENCARI SAHABAT
Alat : kertas, bolpoin
Aturan :
ü  Setiap peserta diberi kertas dan bolpoin
ü  Dalam waktu beberapa menit (disesuaikan jumlah peserta) peserta diminta untuk berkenalan dan mencatat biodata peserta lain sebanyak-banyaknya
ü  Permainan dimulai setelah ada aba-aba
 
8.    HOBIKU DAN HOBIMU
Alat : kertas dan bolpoin
Aturan :
ü  Setiap peserta diberi kertas dan bolpoin
ü  Peserta diminta menuliskan nama dan hobinya
ü  Dalam waktu beberapa menit (disesuaikan jumlah peserta) peserta diminta mencari peserta lain yang mempunyai kesamaan hobi
ü  Setelah berkumpul mintalah mereka berkenalan lebih lanjut

9.    Nama dan gaya
Alat : -
Aturan :
ü  Salah satu peserta ditunjuk maju ke depan
ü  Peserta diminta menyebutkan namanya dan ditambahi kata yang hurufnya berakhiran sama dengan namanya
Contoh :
Haris yang Manis
Ofi yang cibi-cibi
Endra yang gagah
ü  Setiap peserta bergantian hingga semua maju ke depan

10. Aku dan Makanan kesukaanku
Alat : -
Aturan :
ü  Salah satu peserta ditunjuk maju ke depan
ü  Peserta diminta menyebutkan nama dan makanan kesukaannya, kemudian dipersilahkan menunjuk peserta lain untuk maju kedepan
ü  Peserta yang ditunjuk harus menyebutkan nama dan makanan kesukaan peserta yang maju sebelumnya, kemudian baru menyebutkan nama dan makanan kesukaannya
Contoh :
Nama dia Andi makanan kesukaannya adalah roti, dan aku indah makanan kesukaanku pizza
ü  Demikian seterusnya hingga semua peserta maju ke depan

11. Nama dan Gaya
Alat : -
Aturan :
ü  Pilih salah satu peserta maju ke depan
ü  Mintalah untuk memperkenalkan namanya dengan melakukan gerakan (gerakan bebas sesuai kreatifitas peserta)
ü  Kemudian peserta yang telah memperkenalkan diri diminta menunjuk peserta lain
ü  Proses demikia seterusnya hingga semua peserta memperkenalkan diri


12. Nama dan tepuk
Alat : -
Aturan :
ü  Atur peserta membentuk lingkaran
ü  Mintalah peserta untuk melakukan secara bersama gerakan tepuk
2 x tepuk paha
2 x petik jari
2 x tepuk tangan
ü  Mintalah peserta secara berurutan dari paling kanan untuk menyebutkan namanya pada saat 2 x tepuk paha
ü  Jika ada yang salah atau kurang konsentrasi maka permainan dimulai dari awal
ü  Demikian seterusnya berurutan hingga semua peserta menyebutkan namanya

 13. Sepasang sahabat
Alat : sejumlah kertas ukuran kartu berisi kata-kata berlawanan
Aturan :
ü  Siapkan kartu berisi kata-kata yang berlawanan
Contoh :
Putih              hitam
Baik                buruk
Benar             salah
ü  Acaklah kartu tersebut dan mintalah masing-masing peserta mengambil satu kartu
ü  Berilah waktu (menyesuaikan jumlah peserta) kepada peserta untuk menemukan lawan kata dari kartu yang dipegangnya dengan peserta lain
ü  Berilah waktu agar peserta dapat berkenalan lebih lanjut

14. Siapa aku ?
Alat : kertas A4 dan spidol
Aturan :
ü  Bagikan kertas dan spidol kepada setiap peserta
ü  Mintalah peserta untuk menuliskan nama alamat, hobi, kesukaan dan biodata lainnya
ü  Kemudian kumpulkan kertas menjadi satu dan diacak
ü  Tunjuklah salah satu peserta untuk mengambil satu kertas lalu membacanya kemudian menebak siapa pemilik biodata tersebut, jika benar maka peserta yang dibaca biodatanya tersebut maju kedepan mengambil kertas, membacanya dan menebak siapa pemiliknya
ü  Proses berlanjut demikian hingga semua peserta maju ke depan
 
15. Paduan Suara
Alat : -
Aturan :
ü  Tunjuk salah satu peserta kemudian mintalah menyebutkan nama dan hobi
ü  Dalam menyebutkan nama dan hobi dilakukan dengan pelan dan keras
ü  Setiap peserta yang di depan menyebutkan nama dan hobinya, peserta lain menirukan secara bersama
Contoh :
Nama saya.. (nama sayaaa) andi.. (andiiiii) hobi saya... (Hobi sayaaa) bermain... (bermaiiiinnn) bola... (bolaaaa)
ü  Peserta yang telah memperkenalkan diri diminta menunjuk peserta lain secara acak untuk maju ke depan
ü  Proses berlanjut demikian hingga semua peserta memperkenalkan diri

16. Coretan persahabatan
Alat : kertas A4, selotip, spidol
Aturan :
ü  Peserta diminta menempelkan kertas di punggungnya menggunakan selotip
ü  Setiap peserta diminta menuliskan namanya di punggung peserta lain ( satu kertas satu nama )
ü  Setelah selesai, peserta diminta mencari orang yang namanya tertulis dipunggungnya untuk berkenalan lebih lanjut

17. Arti namaku
Alat : kertas dan bolpoin
Aturan :
ü  Peserta diminta menulis namanya
ü  Nama tersebut dijadikan sebuah singkatan yang harus diuraikan kepanjangannya
Contoh :
                                    OFI = Orangnya Fun dan Imut
                                    DANI = Danu, Anteng, Nurut, dan Imut
ü  Setelah itu, tunjuk secara acak salah satu peserta untuk maju membacakan arti namanya
ü  Setiap peserta yangselesai membacakan arti namanya di beri tepuk tangan dari seluruh peserta
ü  Peserta yang telah membacakan arti namanya bebas menunjuk peserta lain untuk maju
ü  Demikian seterusnya hingga semua peserta membacakan arti namanya

18. YIP - HAP
Alat : -
Aturan :
ü  Seluruh peserta diminta membentuk lingkaran
ü  Peserta diminta menyebutkan namanya dengan singkat dan jelas berurutan dari kanan ke kiri
ü  Setiap peserta diminta mengingat-ingat nama peserta lain
ü  Berikanlah aba-aba YIP dua kali sambil menunjuk salah satu peserta
ü  Peserta yang ditunjuk harus menyebutkan nama teman nomer dua di samping kirinya
ü  Jika aba-aba HAP maka peserta menyebutkan nama teman di samping kanannya
ü  Demikian seterusnya bergantian

19. Lompatan Persahabatan
Alat : -
Aturan :
ü  Atur peserta berdiri membentuk lingkaran
ü  Setiap peserta diminta menyebutkan namanya dengan jelas dan keras berurutan dari kanan ke kiri
ü  Pemimpin permainan berlari menghampiri salah satu peserta kemudian melompat di depannya sambil menepukkan kedua tangan dan menyebutkan nama peserta yang di depannya.
ü  Peserta yang disebut namanya kemudian berlari menuju peserta lain, melompat, menepukkan kedua tangan dan menyebutkan nama peserta yang didepannya.
ü  Demikian seterusnya hingga semua peserta disebut namanya

20. Bola Ceria
Alat : Bola Plastik
Aturan :
ü  Atur peserta berdiri membentuk lingkaran
ü  Setiap peserta diminta menyebutkan namanya dengan jelas dan keras berurutan dari kanan ke kiri
ü  Pemimpin permainan melemparkan bola ke salah satu peserta sambil menyebutkan nama peserta tersebut
ü  Peserta yang disebut namanya menangkap bola dan dilemparkan lagi ke peserta lain sambil menyebutkan namanya.
ü  Permainan berlanjut hingga semua peserta melempar bola

21. Panggil aku
Alat : -
Aturan :
ü  Atur peserta membentuk lingkaran
ü  Tunjuk salah satu peserta menyebutkan namanya dan hal-hal unik tentang dirinya, seperti hobi, kesukaan, ciri fisik, dll
Contoh :
Karena andre hobinya main bola maka cara memperkenalkan dirinya adalah
“panggil aku andre bola”
ü  Peserta lain secara serentak menjawab “ hai andre bola”
ü  Demikian perkenalan berlanjut berurutan hingga semua peserta memperkenalkan diri

22. Binatang kesukaanku
Alat : -
Aturan :
ü  Mintalah peserta untuk memikirkan salah satu binatang yang disukainya dan bagaimana suaranya
ü  Dalam hitungan ketiga atau aba-aba, mintalah mereka menirukan suara binatang tersebut secara bersama
ü  Beberapa peserta yang menirukan suara binatang yang sama diminta untuk mengelompok dan berkenalan lebih lanjut

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research