ANALISIS SKL, KI, KD, DAN IPK PAI SMP KELAS 7
CONTOH
ANALISIS SKL, KI, KD, DAN IPK
Sekolah :
SMP ……… Kelas :
VII
Mata Pelajaran : PAI Tahun
Pelajaran : 2020/2021
SKL |
KI |
KD |
IPK |
Sikap |
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya. |
1.1. terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt.
akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu |
1.1.1 Menyenangi
membaca al-Qur’ān dengan meyakini Bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu 1.1.2
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang
yang beriman dan berilmu. |
1.2. terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt.
mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf |
1.2.1 Menyenangi
membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar,
dan pemaaf 1.2.2 Terbiasa
membaca al-Qur’ān dengan meyakini
bahwa Allah akan mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan
pemaaf. |
||
1.3. meyakini bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha
Mendengar, dan Maha Melihat |
1.3.1.
Meyakini bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan
di bumi 1.3.2.
Meyakini bahwa Allah menciptakan alam semesta
dengan teliti 1.3.3.
Meyakini bahwa Allah Maha Mendengar segala
sesuatu baik yang lahir dan yang batin 1.3.4.
Meyakini bahwa Allah Maha Melihat segala
sesuatu baik yang lahir dan yang batin 1.3.5.
Berdoa kepada Allah pada setiap kesempatan |
||
1.4. beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. |
1.4.1 Meyakini
bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat sebagai pembantu-pembantuNya. 1.4.2 Meyakini
bahwa malaikat adalah makhluk yang senantiasa taat melaksanakan perintah
Allah |
||
1.5. meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah
agama |
1.5.1.
Meyakini perilaku jujur akan membawa ketenangan
hidup. 1.5.2.
Meyakini perilaku amanah sesuai dengan suri
tauladan Rasulullah Saw 1.5.3.
Meyakini sikap istiqamah dalam beribadah dan
beramal sholeh akan membawa kebaikan |
||
1.6. menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru,
dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama |
1.6.1 Mengimani
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama
sebagai sifat yang disayang Allah 1.6.2. Mengimani
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama
adalah suri tauladan Rasulullah |
||
1.7. menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
berdasarkan syariat Islam |
1.7.1 meyakini
bahwa Islam adalah agama yang menganjurkan kebersihan. 1.7.2 meyakini
bahwa dengan menjaga kebersihan badan dapat mendekatkan diri dengan Allah 1.7.3 meyakini
bahwa kebersihan badan akan berpengaruh pada perilaku kehidupan sehari-hari 1.7.4 meyakini
bahwa kebersihan badan mencerminkan kebersihan jiwa 1.7.5 meyakini
bahwa Allah mencintai hamba-hambanya yang menjaga kebersihan |
||
1.8. menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi
pemahaman rukun Islam |
1.8.1 Meyakini
bahwa shalat berjamaah lebih baik dari pada shalat sendirian 1.8.2 Menyakini
bahwa salat berjamaah pahalanya berlipat 1.8.3 Meyakini
bahwa shalat yang benar dapat mencegah perbuatan tercela. |
||
1.9. menunaikan salat Jumat sebagai implementasi pemahaman
ketaatan beribadah |
1.9.1. Mengimani
shalat jum’at adalah perintah Allah 1.9.2. Melaksanakan
shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9 |
||
1.10.
menunaikan salat jamak
qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman
ketaatan beribadah |
1.10.1. Mengimani
shalat Jamak dan Qashar adalah kemudahan dari Allah 1.10.2. Melaksanakan
shalat Jamak dan Qashar sebagai ketika bepergiam jauh (musafir). |
||
1.11.
menghayati perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt. |
1.11.1 Merasakan penderitaan perjuangan Nabi Muhammad
dalam menegakkan risalah Islam 1.11.2 Terharu
atas betapa beratnya perjuangan Nabi Muhammad SAW |
||
1.12.
menghayati perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt. |
1.12.1 Merasakan penderitaan perjuangan Nabi Muhammad
dalam menegakkan risalah Islam 1.12.2 Terharu
atas betapa beratnya perjuangan Nabi Muhammad SAW |
||
1.13.
menghayati perjuangan
dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus perjuangan Nabi
Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt. |
1.13.1 Meyakini
bahwa al-Khulafaur Ar-Rasyidun adalah orang-orang yang dimuliakan Allah Swt. 1.13.2 Meyakini
bahwa al-Khulafaur Ar-Rasyidun adalah orang-orang yang wajib untuk
diteladani. |
||
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis
terkait |
2.1.1.
Memiliki semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi
Q.S. al-mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Raḥmān /55:33 dan hadis terkait. 2.1.2. Bersungguh
sungguh dalam belajar. 2.1.3 Mau
mengajarkan ilmu kepada orang lain. |
|
2.2. menunjukkan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai
implementasi pemahaman Q.S. anNisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Ali Imran/3: 134, dan Hadis terkait |
2.2.1. Menghayati
perilaku ikhlas yang tercermin dari pergaulan sehari-hari 2.2.2. Menghayati
perilaku sabar yang tercermin dari sikap dalam menghadapi cobaan 2.2.3. Menghayati
perilaku pemaaf yang tercermin dari pergaulan sehari-hari |
||
2.3. menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja
keras sebagai implementasi makna al- ’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan
alBashir |
2.3.1.
Menunjukkan perilaku Percaya diri terhadap
semua yang diusahakan, sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír,
Samí’, dan alBashir 2.3.2.
Menunjukkan perilaku tekun dalam berusaha
sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashir 2.3.3.
Menunjukkan perilaku teliti dalam mengerjakan tugas, sebagai implementasi
makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashir 2.3.4.
Menunjukkan perilaku kerja keras dalam
mengusahakan apa yang dicita-citakan sebagai implementasi makna al-’Alím,
al- Khabír, Samí’, dan alBashír 2.3.5.
Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam menjalani
kehidupan di dunia sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’,
dan alBashír |
||
2.4. menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman
kepada malaikat |
2.4.1 Bersikap
dan berperilaku hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia. 2.4.2 Bersikap
dan berperilaku jujur kepada siapa pun karena menyadari seluruh gerak gerik
kita dicatat oleh malaikat. 2.4.3 Menunjukkan
sifat-sifat terpuji sebagai bentuk meneladani sifat-sifat malaikat. |
||
2.5. menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam
kehidupan sehari-hari |
2.5.1 Menampilkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari 2.5.2 Menampilkan
perilaku amanah atas kepercayaan yang diberikan. 2.5.3 Mengajak
kepada teman untuk bersama-sama berperilaku istiqmah dalam beribadah dan
beramal shalih |
||
2.6. menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari |
2.6.1 Menampilkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap
sesama dalam kehidupan sehari-hari 2.6.2. Merasa
iba apabila melihat orang tua, guru dan sesame tertimpa musibah 2.6.3 Mengajak
berperilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati
terhadap sesama kepada teman di sekolah maupun di rumah. |
||
2.7. menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan
bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam |
2.7.1 Membiasakan
diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan rumah. 2.7.2 Membiasakan
diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah. |
||
2.8. menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi
pelaksanaan salat berjemaah |
2.8.1 Menunjukkan
sikap dapat menghargai pendapat orang lain 2.8.2 Membiasakan
bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu hal |
||
2.9. menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan
sebagai implementasi pelaksanaan salat Jumat |
2.9.1. Menghayati
bahwa dengan mengerjakan shalat Jumat akan tumbuh kepedulian terhadap sesama. 2.9.2. Menghayati
bahwa dengan melaksanakan shalat Jumat persatuan dan kesatuan akan terbina. 2.9.3. Meyakin
shalat Jumat bermanfaat untuk menjaga lingkungan yang kondusif |
||
2.10.
menunjukkan perilaku
disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar |
2.10.1. Menghayati
bahwa dengan mengerjakan shalat Jamak dan Qashar akan tumbuh perilaku
disiplin. 2.10.2. mengajak
teman-teman untuk mengerjakan shalat jamak dan qashar saat bepergian. 2.10.3. Meyakini
shalat Jamak dan Qashar mudah untuk dilaksanakan. |
||
2.11.
meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah |
2.11.1 Menunjukkan perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
dalam menegakkan risalah Islam 2.11.2
Berperilaku sesuai dengan
sikap yang diperjuangkan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam dalam
kehidupan sekarang |
||
2.12.
meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah |
2.12.1 Menunjukkan perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
dalam menegakkan risalah Islam 2.12.2
Berperilaku sesuai dengan
sikap yang diperjuangkan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam dalam
kehidupan sekarang |
||
2.13.
meneladani perilaku
terpuji alKhulafa al-Rasyidun |
2.13.1 Meneladani
perilaku terpuji al-Khulafa al-Rasyidun. 2.13.2
Mengajak teman untuk
meneladani perilaku terpuji al-Khulafa al-Rasyidun baik di sekolah maupun di
lingkungan rumah. |
||
Pengetahuan |
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1. memahami makna Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55:
33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu |
3.1.1 Mengartikan
Q.S. al-Mujādilah : 11, 3.1.2 Mengartikan
Q.S. ar-Raḥmān : 33 3.1.3 Menjelaskan
kesimpulan makna Q.S. al-Mujādilah : 11 3.1.4 Menjelaskan
kesimpulan makna Q.S. Ar- Raḥmān :
33 3.1.5 Menjelaskan
arti hukum bacaan Al syamsiyah
dan Al qomariah 3.1.6 Menyebutkan
contoh hukum bacaan Al syamsiyah dan
Al qomariyah. |
3.2. memahami makna Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan
Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf |
3.2.1 Menyebutkan
arti Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134
serta hadis terkait 3.2.2 Menjelaskan
makna isi kandungan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait |
||
3.3. memahami makna al-Asma‘u alHusna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir |
3.3.1.
Menjelaskan pengertian Al alim, Al khobir,As Sami,dan Al Basir 3.3.2.
Menunjukkan dalil naqli tentang al-’Alím, al-
Khabír, as-Samí’, dan al-Bashír |
||
3.4. memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli |
3.4.1 Menyebutkan
pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah. 3.4.2
Menyebutkan dalil naqli dan
'aqli tentang iman kepada Malaikat. 3.4.3
Menjelaskan tugas-tugas
malaikat. 3.4.4 Menyebutkan
sifat-sifat malaikat 3.4.5 Menjelaskan
keterkaitan tugas malaikat dengan perbuatan. 3.4.6 Menyebutkan
hikmah Iman Kepada Malaikat Allah swt. |
||
3.5. memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah |
3.5.1 Menjelaskan
pengertian perilaku jujur, amanah, dan istiqamah 3.5.2 Mengidentifikasikan
ciri-ciri perilaku jujur, amanah, dan istiqamah 3.5.3 Menyebutkan
manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah. |
||
3.6. memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan
guru, dan empati terhadap sesama |
3.6.1. Menyebutkan
arti tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implemen-tasi dari Q.S.
an-Nisa’/4:8. 3.6.2. Menjelaskan
makna perilaku empati
terhadap sesama sebagai
implementasi dari Q.S. an-Nisa’/4:8. 3.6.3. Menyebutkan
arti tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai
dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait. 3.6.4. Menjelaskan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S.
al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait |
||
3.7. memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan
ketentuan syari’at Islam |
3.7.1 Menjelaskan
ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 3.7.2 Menerangkan
tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 3.7.3 Menunjukkan
contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. |
||
3.8. memahami ketentuan salat berjemaah |
3.8.1 Menjelaskan pengertian salat berjamaah 3.8.2 Menyebutkan dalil naqli tentang salat berjamaah 3.8.3 Menyebutkan hukum salat berjamaah 3.8.4
Menyebutkan syarat sah salat berjamaah 3.8.5
Menyebutkan syarat-syarat makmum 3.8.6 Menyebutkan syarat-syarat imam 3.8.7 Menjelaskan pengertian makmum masbuk 3.8.8 Menyebutkan halangan salat berjamaah 3.8.9
Menyebutkan tata cara salat berjamaah |
||
3.9. memahami ketentuan salat Jumat |
3.9.1. Menjelaskan
pengertian shalat Jumat. 3.9.2. Menjelaskan
hukum dasar shalat Jumat 3.9.3. Menjelaskan
syarat mendirikan shalat Jumat. 3.9.4. Menerangkan
perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jumat 3.9.5. Menerangkan
beberapa halangan melaksanakan shalat Jumat. 3.9.6. Menunjukkan
tata cara shalat Jumat. 3.9.7. Menjelaskan
hikmah melaksanakan shalat Jumat. |
||
3.10.
memahami ketentuan salat
jamak qasar |
3.10.1. Menjelaskan
pengertian shalat Jamak dan Qashar. 3.10.2. Menjelaskan
hukum dasar shalat Jamak dan Qashar 3.10.3. Menjelaskan
syarat melaksanakan shalat Jamak dan Qashar. 3.10.4. Menunjukkan
tata cara shalat Jamak dan Qashar. 3.10.5. Menjelaskan
hikmah / manfaat melaksanakan shalat Jamak dan Qashar |
||
3.11.
memahami sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah |
3.11.1 Menjelaskan
kronologi masa kelahiran nabi
Muhammad sampai dewasa 3.11.2 Menceritakan
peristiwa pengangkatan Muhammad sebagai Nabi/Rosul 3.11.3 Menguraikan
manfaat dari nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah
Islam |
||
3.12.
memahami sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah |
3.12.1 Menjelaskan
kronologi masa peristiwa Hijrah 3.12.2 Menceritakan
strategi dakwah di Madinah 3.12.3 Menguraikan
manfaat dari nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah
Islam |
||
3.13.
memahami sejarah
perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun |
3.13.1 Menjelaskan
riwayat al-Khulafa al-Rasyidun. 3.13.2 Menyebutkan
jasa-jasa al-Khulafa al-Rasyidun. 3.13.3 Menyebutkan
sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidun. 3.13.3 Menyebutkan
hikmah mempelajari Sikap terpuji al-Khulafa al-Rasyidun |
||
Keterampilan |
KI4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori. |
4.1.1.
membaca Q.S. al-Mujadilah
/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil 4.1.2.
menunjukkan hafalan Q.S.
alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar 4.1.3.
menyajikan keterkaitan
semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S.
arRahman /55: 33 |
4.1.1.1. Menerapkan
hukum bacaan Al syamsiyah dan Al
qomariyah dalam Q.S. al-mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Raḥmān /55:33 dan hadis terkait 4.1.1.2. Membaca
Q.S. al-mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥmān
/55:33 dan hadis terkait 4.1.2.1. Menghafal Q.S. al-mujādilah /58 4.1.2.2. Menghafal Q.S. ar-Raḥmān /55:33 4.1.2.3. Menghafal hadis terkait 4.1.3.1. Mencari contoh kisah-kisah teladan yang
berkaitan dengan semangat menuntut ilmu 4.1.3.2. Mempresentasikan kisah-kisah teladan yang
berkaitan dengan semangat menuntut ilmu |
4.2.1.
membaca Q.S. an-Nisa/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 dengan tartil 4.2.2.
menunjukkan hafalan Q.S.
anNisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imrān/3: 134 serta Hadis
terkait dengan lancar 4.2.3.
menyajikan keterkaitan
ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. alBaqarah/2:
153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 |
4.2.1.1. Menerapkan
hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 4.2.1.2. Membaca
Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 4.2.2.1. Menghafal Q.S. an-Nisá/4: 146 4.2.2.2. Menghafal Q.S. al-Baqarah/2: 153 4.2.2.3. Menghafal Q.S. Áli Imrān/3: 134 4.2.3.1. Mencari contoh kisah-kisah teladan yang
berkaitan dengan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai media 4.2.3.2. Mempresentasikan kisah-kisah teladan yang
berkaitan dengan perilaku ikhlas, sabar di depan kelas |
||
4.3. menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang
meneladani al-Asma’u al-Husna: al- ’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan alBashir |
4.3.1.
Secara berkelompok mencari cerita atau kejadian
nyata tentang al-Asmā ‘u al-Ḥusnā: al-’Alím, al-Khabír, as- Samí’, dan al
Bashír 4.3.2.
Mempresentasikan hasil tugas kelompok tentang
cerita atau kejadian nyata tentang al-Asmā ‘u al-Ḥusnā: al-’Alím, al-Khabír,
as- Samí’, dan al Bashír di depan kelas. |
||
4.4. menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada
malaikat Allah Swt. |
4.4.1
Membuat paparan tentang
perilaku yang menunjukkan iman kepada malaikat. 4.4.2
Mempresentasikan paparan
tentang tentang perilaku yang menunjukkan iman kepada malaikat disertai dalil
naqlinya. |
||
4.5. menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah |
4.5.1 Membuat
majalah dinding tentang contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah 4.5.2 Mempresentasikan
majalah dinding tentang contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah |
||
4.6. menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru,
dan empati terhadap sesama |
4.6.1 Membuat
paparan tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari
Q.S. an-Nisa’/4:8, Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis melalui bermain peran. 4.6.2. Menampilkan
paparan tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari
Q.S. an-Nisa’/4:8, Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis melalui bermain peran. |
||
4.7. menyajikan cara bersuci dari hadas besar |
4.7.1 Mempresentasikan
ketentuan tentang hadas besar. 4.7.2 Mempresentasikan
tata cara mandi wajib. |
||
4.8. mempraktikkan salat berjamaah |
4.8.1 Mendemonstrasikan
salat berjamaah 4.8.2
Mendemonstrasikan makmum masbuk |
||
4.9. mempraktikkan salat Jumat |
4.9.1. Mempresentasikan
tata cara shalat Jum’at 4.9.2. Mempraktikkan
shalat Jumat |
||
4.10.
mempraktikkan salat jamak
dan qasar |
4.10.1. Mempresentasikan
tata cara shalat Jamak dan Qashar 4.10.2. Mempraktikkan
shalat Jamak dan Qashar |
||
4.11.
menyajikan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Makkah |
4.11.1 Membuat
bagan tentang strategi da’wah Nabi muhammad SAW di Mekah 4.11.2 Menyajikan strategi da’wah Nabi Muhammad SAW di Mekah |
||
4.12.
menyajikan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah |
4.12.1 Membuat
paparan diagram alur mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode
Madinah mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu makkah 4.12.2 Memaparkan diagram alur mengenai sejarah perjuangan
Nabi Muhammad saw.periode Madinah mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu
makkah di depan kelas |
||
4.13.
menyajikan strategi
perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun |
4.13.1 Membuat
peta konsep strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun. 4.13.2 Memaparkan
peta konsep strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun di
depan kelas. |
yang kelas 8 dan 9 apakah sudah ada min
ReplyDelete