ANALISIS SKL, KI, KD, DAN IPK PAI SMP KELAS 7

 



CONTOH

ANALISIS SKL, KI, KD, DAN IPK

 

Sekolah                                : SMP ………                                                        Kelas                                     : VII

Mata Pelajaran : PAI                                                                                       Tahun Pelajaran               : 2020/2021

SKL

KI

KD

IPK

Sikap

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

 

1.1. terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt. akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu

1.1.1       Menyenangi membaca al-Qur’ān dengan meyakini Bahwa Allah akan   meninggikan  derajat orang yang beriman dan berilmu

1.1.2      Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini  bahwa Allah akan meninggikan derajat   orang  yang beriman dan berilmu.

1.2. terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt. mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf

1.2.1       Menyenangi membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan   mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf

1.2.2       Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini  bahwa Allah akan mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

1.3. meyakini bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat

1.3.1.        Meyakini bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi

1.3.2.        Meyakini bahwa Allah menciptakan alam semesta dengan teliti

1.3.3.        Meyakini bahwa Allah Maha Mendengar segala sesuatu baik yang lahir dan yang batin

1.3.4.        Meyakini bahwa Allah Maha Melihat segala sesuatu baik yang lahir dan yang batin

1.3.5.        Berdoa kepada Allah pada setiap kesempatan

1.4. beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

1.4.1       Meyakini bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat sebagai pembantu-pembantuNya.

1.4.2       Meyakini bahwa malaikat adalah makhluk yang senantiasa taat melaksanakan perintah Allah

1.5. meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama

1.5.1.        Meyakini perilaku jujur akan membawa ketenangan hidup.

1.5.2.        Meyakini perilaku amanah sesuai dengan suri tauladan Rasulullah Saw

1.5.3.        Meyakini sikap istiqamah dalam beribadah dan beramal sholeh akan membawa kebaikan

1.6. menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama

1.6.1       Mengimani hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama sebagai sifat yang disayang Allah

1.6.2.     Mengimani hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah suri tauladan Rasulullah

1.7. menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam

1.7.1       meyakini bahwa Islam adalah agama yang menganjurkan kebersihan.

1.7.2       meyakini bahwa dengan menjaga kebersihan badan dapat mendekatkan diri dengan Allah

1.7.3       meyakini bahwa kebersihan badan akan berpengaruh pada perilaku kehidupan sehari-hari

1.7.4       meyakini bahwa kebersihan badan mencerminkan kebersihan jiwa

1.7.5       meyakini bahwa Allah mencintai hamba-hambanya yang menjaga kebersihan

1.8. menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam

1.8.1       Meyakini bahwa shalat berjamaah lebih baik dari pada shalat sendirian

1.8.2       Menyakini bahwa salat berjamaah pahalanya berlipat

1.8.3       Meyakini bahwa shalat yang benar dapat mencegah perbuatan tercela.

1.9. menunaikan salat Jumat sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah

1.9.1.     Mengimani shalat jum’at adalah perintah Allah

1.9.2.     Melaksanakan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9

1.10.          menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah

1.10.1.   Mengimani shalat Jamak dan Qashar adalah kemudahan dari Allah

1.10.2.   Melaksanakan shalat Jamak dan Qashar sebagai ketika bepergiam jauh (musafir).

1.11.          menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

1.11.1    Merasakan  penderitaan perjuangan Nabi Muhammad dalam  menegakkan risalah Islam

1.11.2    Terharu atas betapa beratnya perjuangan Nabi Muhammad SAW

1.12.          menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

1.12.1    Merasakan  penderitaan perjuangan Nabi Muhammad dalam  menegakkan risalah Islam

1.12.2    Terharu atas betapa beratnya perjuangan Nabi Muhammad SAW

1.13.          menghayati perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.

1.13.1    Meyakini bahwa al-Khulafaur Ar-Rasyidun adalah orang-orang yang dimuliakan Allah Swt.

1.13.2    Meyakini bahwa al-Khulafaur Ar-Rasyidun adalah orang-orang yang wajib untuk diteladani.

KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1. menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait

2.1.1.   Memiliki semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-mujādilah /58:   11, Q.S. ar-Raḥmān /55:33 dan hadis terkait.

2.1.2.     Bersungguh sungguh dalam belajar.

2.1.3       Mau mengajarkan ilmu kepada orang lain.

2.2. menunjukkan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. anNisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134, dan Hadis terkait

2.2.1.     Menghayati perilaku ikhlas yang tercermin dari pergaulan sehari-hari

2.2.2.     Menghayati perilaku sabar yang tercermin dari sikap dalam menghadapi cobaan

2.2.3.     Menghayati perilaku pemaaf yang tercermin dari pergaulan sehari-hari

2.3. menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al- ’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan alBashir

2.3.1.        Menunjukkan perilaku Percaya diri terhadap semua yang diusahakan, sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashir

2.3.2.        Menunjukkan perilaku tekun dalam berusaha sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashir

2.3.3.        Menunjukkan perilaku teliti dalam  mengerjakan tugas, sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashir

2.3.4.        Menunjukkan perilaku kerja keras dalam mengusahakan apa yang dicita-citakan sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashír

2.3.5.        Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia sebagai implementasi makna al-’Alím, al- Khabír, Samí’, dan alBashír

2.4. menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat

2.4.1       Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia.

2.4.2       Bersikap dan berperilaku jujur kepada siapa pun karena menyadari seluruh gerak gerik kita dicatat oleh malaikat.

2.4.3       Menunjukkan sifat-sifat terpuji sebagai bentuk meneladani sifat-sifat malaikat.

2.5. menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari

2.5.1       Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

2.5.2       Menampilkan perilaku amanah atas kepercayaan yang diberikan.

2.5.3       Mengajak kepada teman untuk bersama-sama berperilaku istiqmah dalam beribadah dan beramal shalih

2.6. menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

2.6.1       Menampilkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

2.6.2.     Merasa iba apabila melihat orang tua, guru dan sesame tertimpa musibah

2.6.3       Mengajak berperilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama kepada teman di sekolah maupun di rumah.

2.7. menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

2.7.1       Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan rumah.

2.7.2       Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah.

2.8. menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjemaah

2.8.1       Menunjukkan sikap dapat menghargai pendapat orang lain

2.8.2       Membiasakan bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu hal

2.9. menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jumat

2.9.1.     Menghayati bahwa dengan mengerjakan shalat Jumat akan tumbuh kepedulian terhadap sesama.

2.9.2.     Menghayati bahwa dengan melaksanakan shalat Jumat persatuan dan kesatuan akan terbina.

2.9.3.     Meyakin shalat Jumat bermanfaat untuk menjaga lingkungan yang kondusif

2.10.          menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar

2.10.1.   Menghayati bahwa dengan mengerjakan shalat Jamak dan Qashar akan tumbuh perilaku disiplin.

2.10.2.   mengajak teman-teman untuk mengerjakan shalat jamak dan qashar saat bepergian.

2.10.3.   Meyakini shalat Jamak dan Qashar mudah untuk dilaksanakan.

2.11.          meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah

2.11.1    Menunjukkan  perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam

2.11.2    Berperilaku sesuai dengan sikap yang diperjuangkan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam dalam kehidupan sekarang

2.12.          meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah

2.12.1    Menunjukkan  perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam

2.12.2    Berperilaku sesuai dengan sikap yang diperjuangkan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam dalam kehidupan sekarang

2.13.          meneladani perilaku terpuji alKhulafa al-Rasyidun

2.13.1    Meneladani perilaku terpuji al-Khulafa al-Rasyidun.

2.13.2    Mengajak teman untuk meneladani perilaku terpuji al-Khulafa al-Rasyidun baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

 

 

Pengetahuan

KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.1. memahami makna Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu

3.1.1       Mengartikan Q.S. al-Mujādilah  : 11,

3.1.2       Mengartikan Q.S. ar-Raḥmān : 33

3.1.3       Menjelaskan kesimpulan makna Q.S. al-Mujādilah : 11

3.1.4       Menjelaskan kesimpulan makna  Q.S. Ar- Raḥmān : 33 

3.1.5       Menjelaskan arti  hukum bacaan Al syamsiyah dan  Al qomariah

3.1.6       Menyebutkan contoh hukum bacaan Al syamsiyah   dan Al qomariyah.

3.2. memahami makna Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf

3.2.1       Menyebutkan arti Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait

3.2.2       Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait

3.3. memahami makna al-Asma‘u alHusna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

3.3.1.        Menjelaskan pengertian  Al alim, Al khobir,As Sami,dan Al Basir

3.3.2.        Menunjukkan dalil naqli tentang al-’Alím, al- Khabír,   as-Samí’, dan al-Bashír

3.4. memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli

3.4.1       Menyebutkan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah.

3.4.2       Menyebutkan dalil naqli dan 'aqli tentang iman kepada Malaikat.

3.4.3       Menjelaskan tugas-tugas malaikat.

3.4.4       Menyebutkan sifat-sifat malaikat

3.4.5       Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat dengan perbuatan.

3.4.6       Menyebutkan hikmah Iman Kepada Malaikat Allah swt.

3.5. memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

3.5.1       Menjelaskan pengertian perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

3.5.2       Mengidentifikasikan ciri-ciri perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

3.5.3       Menyebutkan manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah.

3.6. memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

3.6.1.     Menyebutkan arti tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implemen-tasi dari Q.S. an-Nisa’/4:8.

3.6.2.     Menjelaskan makna  perilaku  empati  terhadap  sesama  sebagai  implementasi dari Q.S. an-Nisa’/4:8.

3.6.3.     Menyebutkan arti tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.

3.6.4.     Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait

3.7. memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

3.7.1       Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

3.7.2       Menerangkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

3.7.3       Menunjukkan contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

3.8. memahami ketentuan salat berjemaah

3.8.1  Menjelaskan pengertian salat berjamaah

3.8.2  Menyebutkan dalil naqli tentang salat berjamaah

3.8.3  Menyebutkan hukum salat berjamaah

3.8.4  Menyebutkan syarat sah salat berjamaah

3.8.5  Menyebutkan syarat-syarat makmum

3.8.6  Menyebutkan syarat-syarat imam

3.8.7  Menjelaskan pengertian makmum masbuk

3.8.8  Menyebutkan halangan salat berjamaah

3.8.9  Menyebutkan tata cara salat berjamaah

3.9. memahami ketentuan salat Jumat

3.9.1.     Menjelaskan pengertian shalat Jumat.

3.9.2.     Menjelaskan hukum dasar shalat Jumat

3.9.3.     Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jumat.

3.9.4.     Menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jumat

3.9.5.     Menerangkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jumat.

3.9.6.     Menunjukkan tata cara shalat Jumat.

3.9.7.     Menjelaskan hikmah melaksanakan shalat Jumat.

3.10.          memahami ketentuan salat jamak qasar

3.10.1.   Menjelaskan pengertian shalat Jamak dan Qashar.

3.10.2.   Menjelaskan hukum dasar shalat Jamak dan Qashar

3.10.3.   Menjelaskan syarat melaksanakan shalat Jamak dan Qashar.

3.10.4.   Menunjukkan tata cara shalat Jamak dan Qashar.

3.10.5.   Menjelaskan hikmah / manfaat melaksanakan shalat Jamak dan Qashar

3.11.          memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah

3.11.1    Menjelaskan kronologi masa kelahiran  nabi Muhammad sampai dewasa

3.11.2    Menceritakan peristiwa pengangkatan Muhammad sebagai Nabi/Rosul

3.11.3    Menguraikan manfaat dari nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam

3.12.          memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah

3.12.1    Menjelaskan kronologi masa peristiwa Hijrah

3.12.2    Menceritakan strategi dakwah di Madinah

3.12.3    Menguraikan manfaat dari nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan risalah Islam

3.13.          memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

3.13.1    Menjelaskan riwayat al-Khulafa al-Rasyidun.

3.13.2    Menyebutkan jasa-jasa al-Khulafa al-Rasyidun.

3.13.3    Menyebutkan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidun.

3.13.3    Menyebutkan hikmah mempelajari Sikap terpuji al-Khulafa al-Rasyidun

Keterampilan

KI4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

4.1.1.        membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil

 

 

 

4.1.2.        menunjukkan hafalan Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar

4.1.3.        menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. arRahman /55: 33

4.1.1.1.  Menerapkan hukum bacaan Al syamsiyah   dan Al qomariyah dalam Q.S. al-mujādilah /58:   11, Q.S. ar-Raḥmān /55:33 dan hadis terkait

4.1.1.2.  Membaca Q.S. al-mujādilah /58:   11, Q.S. ar-Raḥmān /55:33 dan hadis terkait

4.1.2.1.  Menghafal Q.S. al-mujādilah /58

4.1.2.2.  Menghafal Q.S. ar-Raḥmān /55:33

4.1.2.3.  Menghafal hadis terkait

 

4.1.3.1.  Mencari contoh kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan semangat menuntut ilmu

4.1.3.2. Mempresentasikan kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan semangat menuntut ilmu

4.2.1.        membaca Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 dengan tartil

 

 

4.2.2.        menunjukkan hafalan Q.S. anNisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imrān/3: 134 serta Hadis terkait dengan lancar

4.2.3.        menyajikan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. alBaqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134

4.2.1.1.  Menerapkan hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134

4.2.1.2.  Membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134

4.2.2.1.  Menghafal Q.S. an-Nisá/4: 146

4.2.2.2.  Menghafal Q.S. al-Baqarah/2: 153

4.2.2.3.  Menghafal Q.S. Áli Imrān/3: 134

 

 

4.2.3.1.  Mencari contoh kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai media

4.2.3.2. Mempresentasikan kisah-kisah teladan yang berkaitan dengan perilaku ikhlas, sabar di depan kelas

4.3. menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma’u al-Husna: al- ’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan alBashir

4.3.1.        Secara berkelompok mencari cerita atau kejadian nyata tentang al-Asmā ‘u al-Ḥusnā: al-’Alím, al-Khabír, as- Samí’, dan al Bashír

4.3.2.        Mempresentasikan hasil tugas kelompok tentang cerita atau kejadian nyata tentang al-Asmā ‘u al-Ḥusnā: al-’Alím, al-Khabír, as- Samí’, dan al Bashír di depan kelas.

4.4. menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt.

4.4.1       Membuat paparan tentang perilaku yang menunjukkan iman kepada malaikat.

4.4.2       Mempresentasikan paparan tentang tentang perilaku yang menunjukkan iman kepada malaikat disertai dalil naqlinya.

4.5. menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.5.1       Membuat majalah dinding tentang contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.5.2       Mempresentasikan majalah dinding tentang contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.6. menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

4.6.1       Membuat paparan tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisa’/4:8, Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis melalui bermain peran.

4.6.2.     Menampilkan paparan tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisa’/4:8, Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis melalui bermain peran.

4.7. menyajikan cara bersuci dari hadas besar

4.7.1       Mempresentasikan ketentuan tentang hadas besar.

4.7.2       Mempresentasikan tata cara mandi wajib.

4.8. mempraktikkan salat berjamaah

4.8.1       Mendemonstrasikan salat berjamaah

4.8.2    Mendemonstrasikan makmum masbuk

4.9. mempraktikkan salat Jumat

4.9.1.     Mempresentasikan tata cara shalat Jum’at

4.9.2.     Mempraktikkan shalat Jumat

4.10.          mempraktikkan salat jamak dan qasar

4.10.1.   Mempresentasikan tata cara shalat Jamak dan Qashar

4.10.2.   Mempraktikkan shalat Jamak dan Qashar

4.11.          menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Makkah

4.11.1    Membuat bagan tentang strategi da’wah Nabi muhammad SAW di Mekah

4.11.2    Menyajikan  strategi da’wah Nabi Muhammad SAW di Mekah

4.12.          menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah

4.12.1    Membuat paparan diagram alur mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Madinah mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu makkah

4.12.2    Memaparkan  diagram alur mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Madinah mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu makkah di depan kelas

4.13.          menyajikan strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

4.13.1    Membuat peta konsep strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun.

4.13.2    Memaparkan peta konsep strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun di depan kelas.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research