PENGEMBANGAN SILABUS PAI SMP KELAS 7 SEMESTER 1
CAONTOH PENGEMBANGAN
SILABUS
TAHUN
PELAJARAN 2020 / 2021
Satuan pendidikan :
SMP ……………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : VII / 1
Kompetensi Inti :
KI 1 : |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 : |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
KI 3 : |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang
tampak mata). |
KI 4 : |
Mencoba,mengolah,
dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori). |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Karakter
yang dikembangkan |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah
akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu. 2.1 Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait. 3.1 Memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu. 4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil. 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. 4.1.3
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. |
· Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta
hadis tentang semangat menuntut ilmu. |
· Tekun · Disiplin · Teliti |
· Menyimak bacaan Q.S.
al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Mencermati artiQ.S.
al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta
hadis tentang semangat menuntut ilmu. · Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah. ·
Mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar
ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan. ·
Menanyakan cara
membaca dan menghafalkan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ·
Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah. · Diskusi menyusun arti kataQ.S.
al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 menjadi
terjemah secara utuh. · Secara berpasangan membaca dan
menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ·
Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah di dalam
mushaf al-Qur’ān. ·
Berdiskusi tentang pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari. · Merumuskan,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Mengklasifikasi lafaz yang
mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S.
al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah. · Membuat
paparanketerkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ·
Menanggapi paparan
maknaQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S.
al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. · Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. · Menyusun
kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru. |
·
Tes Tertulis ·
Praktik |
·
15 JP |
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama
RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
1.3Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada,
Maha Mendengar, dan Maha Melihat. 2.3Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja
keras sebagai implementasi makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. 3.3 Memahami
makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. 4.3 Menyajikan
contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
·
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
· Jujur · Disiplin · Tanggung jawab |
· Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt. · Menyimak dan mencermati
penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt. · Membaca dalil naqli tentang
iman kepada Allah Swt. beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang
iman kepada Allah Swt. · Mengajukan pertanyaan lain
yang relevan dan kontekstual tentang keimanan kepada Allah Swt. · Mencari dalil naqli yang
menjelaskan iman kepada Allah Swt. · Secara berkelompok
mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir. · Mendiskusikan makna al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. · Menghubungkan makna dalil
naqli tentang iman kepada Allah Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari. · Menghubungkan makna al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan contoh perilaku
manusia dalam kehidupan sehari-hari. · Menyajikan paparan tentang
makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. · Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki paparan tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir. · Menyusun kesimpulan. |
·
Tes Tertulis · Proyek |
·
9 JP |
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama
RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
1.5 Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah
adalah perintah agama. 2.5 Menghayati perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam
kehidupan sehari-hari. 3.5 Memahami makna perilaku jujur, amanah,
dan istiqamah 4.5 Menyajikan makna perilaku jujur, amanah,
dan istiqamah. |
·
Jujur,
amanah, istiqamah
sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42,
Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait. |
·
|
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
jujur, amanah, dan istiqamah. ·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah. ·
Membaca Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S.
al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis
terkait dengan artinya. ·
Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan
istiqamah. ·
Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual. ·
Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan
istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber. ·
Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan
yang diawali dari sikap jujur, amanah, dan istiqamah. ·
Merumuskan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13
dan hadis terkait. ·
Menghubungkan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan
contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. ·
Memaparkan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q.S.
al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait. ·
Memaparkan hubungan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
dengan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. ·
Menyajikan penerapan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah melalui
demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya. ·
Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan. ·
Menyusun kesimpulan. |
·
Tes Tertulis · Praktik · Pengamatan |
·
6JP |
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama
RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
1.7Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar berdasarkan syariat Islam. 2.7Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. 3.7Memahami ketentuan
bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. 4.7Menyajikantata cara bersuci dari
hadas besar. |
·
Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. |
·
Disiplin ·
Tanggung jawab |
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
kebersihan. ·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketentuan
bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Membaca dalil naqli mengenai
ketentuan bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Secara berkelompok mencari data dan informasi untuk menjawab
permasalahan yang terkait dengan ketentuan
bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Mengembangkan paparan
mengenai ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Mendiskusikan manfaat bersuci
dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Berlatih mempraktikan/ menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Merumuskan ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Merumuskan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Menyajikan paparan tentang ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar. ·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi. ·
Merumuskan kesimpulan. |
·
Tes Tertulis · Praktik |
· 6JP |
a.
Departemen Agama
RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama
RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
1.8 Menunaikan
salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. 2.8 Menghayati perilaku demokratis sebagai
implementasi pelaksanaan salat berjamaah. 3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah. 4.8 Mempraktikkan salat berjamaah. |
·
Salat berjamaah |
·
Gotong royong ·
disiplin |
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
salat berjamaah. ·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat berjamaah. ·
Membaca dalil naqli mengenaisalat berjamaah. ·
Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan
salat berjamaah. ·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat
berjamaah. ·
Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil
naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat
berjamaah. ·
Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah. ·
Berlatih mempraktikkan salat berjamaah. ·
Mengolah informasi mengenai dalil
naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangansalat
berjamaah menjadi paparan yang menarik. ·
Merumuskan prosedur
praktik salat berjamaah. ·
Menyajikan paparan mengenai dalil
naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangansalat
berjamaah. ·
Mendemonstrasikan praktik salat berjamaah. ·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi. ·
Merumuskan kesimpulan. |
·
Tes Tertulis · Praktik |
· 6JP |
a.
Departemen Agama
RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
1.11Menghayati
perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah
dalam menegakkan risalah Allah Swt. 2.11Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Makkah. 3.11 Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad saw.periode Mekah. 4.11 Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw.periode Mekah. |
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.periode
Mekah |
·
Tekun ·
Tanggung jawab |
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
perjuangan Nabi Muhammad Saw..periode Mekah. ·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi
Muhammad Saw..periode Mekah. ·
Mengajukan pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Mekah sebelum
datangnya nabi Muhammad saw.. ·
Mengajukan pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad
saw.menjadi rasul atau pertanyaan lain
yang relevan. ·
Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada
masa kelahiran Nabi
Muhammad saw. ·
Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada
masa Nabi Muhammad saw.diangkat menjadi rasul. ·
Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada
masa Nabi Muhammad Saw.berdakwah di Mekah. ·
Mendiskusikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw.periode Mekah. ·
Menghubungkan antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah dalam bentuk diagram alur. ·
Merumuskan strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekah. ·
Menyajikan paparan diagram alur
sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah. ·
Menyajikan paparan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Mekah. ·
Menanggapi pertanyaan. ·
Menyusun kesimpulan. |
·
Tes Tertulis · Produk |
6 JP |
a.
Departemen Agama
RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. b.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. c.
Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
Jepara, 2020
Mengetahui Kepala SMP …………… …………………………….. |
Guru
Mata Pelajaran, ………………………… |
Comments
Post a Comment