PENGEMBANGAN SILABUS PAI SMP KELAS 7 SEMESTER 1

 


 

CAONTOH PENGEMBANGAN SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Satuan pendidikan       : SMP ……………….                                        

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/ Semester           : VII / 1

Kompetensi Inti           :

 

KI 1 :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 :

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3 :

Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).

KI 4 :

Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Karakter yang dikembangkan

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

1.1 Terbiasa membaca al-Qurān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.

2.1 Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait.

3.1  Memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.

4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  dengan tartil.

4.1.2  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

4.1.3  Menyajikan    keterkaitan  semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

· Tekun

· Disiplin

· Teliti

· Menyimak bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Mencermati artiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.

· Menyimak penjelasan  tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.

· Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan.

· Menanyakan cara membaca dan menghafalkan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.

· Diskusi menyusun arti kataQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  menjadi terjemah secara utuh.

· Secara berpasangan membaca dan menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah di dalam mushaf al-Qur’ān.

· Berdiskusi tentang pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

· Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Mengklasifikasi lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.

· Membuat paparanketerkaitan  semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

· Menyusun kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru.

·   Tes Tertulis

·   Praktik

·   15 JP

 

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1.3Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.

2.3Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi  makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

3.3 Memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

 

·   Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

 

· Jujur

· Disiplin

· Tanggung jawab

· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.

· Menyimak dan mencermati penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.

· Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. beserta artinya.

· Mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt.

· Mengajukan pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual tentang keimanan kepada Allah Swt.

· Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah Swt.

· Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan  al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

· Mendiskusikan makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

· Menghubungkan makna dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari.

· Menghubungkan makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan contoh perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

· Menyajikan paparan tentang makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

· Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

· Menyusun kesimpulan.

·   Tes Tertulis

·   Proyek

·   9 JP

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1.5  Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama.

2.5  Menghayati perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

3.5     Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.5    Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.

·   Jujur, amanah, istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·    

·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah, dan istiqamah.

·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.

·   Membaca Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13  dan Hadis terkait dengan artinya.

·   Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.

·   Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

·   Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.

·   Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur, amanah, dan istiqamah.

·   Merumuskan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait.

·   Menghubungkan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam kehidupan  sehari-hari.

·   Memaparkan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait.

·   Memaparkan hubungan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam kehidupan  sehari-hari.

·   Menyajikan penerapan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah melalui demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya.

·   Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.

·   Menyusun kesimpulan.

·   Tes Tertulis

·   Praktik

·   Pengamatan

·   6JP

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1.7Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.

2.7Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.

3.7Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.

4.7Menyajikantata cara bersuci dari hadas besar.

 

·   Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

 

 

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.

·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Secara berkelompok mencari data dan informasi untuk menjawab permasalahan yang terkait dengan ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Mendiskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Mengembangkan paparan mengenai ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

·   Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Berlatih mempraktikan/ menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

·   Merumuskan ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Merumuskan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Menyajikan paparan tentang ketentuan  bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.

·   Merumuskan kesimpulan.

·   Tes Tertulis

·   Praktik

·   6JP

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1.8 Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.

2.8    Menghayati perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.

3.8  Memahami ketentuan salat berjamaah.

4.8    Mempraktikkan salat berjamaah.

 

 

·   Salat berjamaah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Gotong royong

·   disiplin

·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat berjamaah.

·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara salat berjamaah.

·   Membaca dalil naqli mengenaisalat berjamaah.

·   Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat berjamaah.

·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat berjamaah.

·   Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang  dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.

·   Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.

·   Berlatih mempraktikkan salat berjamaah.

·   Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangansalat berjamaah menjadi paparan yang menarik.

·   Merumuskan prosedur praktik salat berjamaah.

·   Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangansalat berjamaah.

·   Mendemonstrasikan praktik salat berjamaah.

·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.

·   Merumuskan kesimpulan.

·   Tes Tertulis

·   Praktik

·   6JP

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1.11Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

2.11Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.

3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

4.11    Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

 Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.periode Mekah

 

·   Tekun

·   Tanggung jawab

·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad Saw..periode Mekah.

·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw..periode Mekah.

·   Mengajukan pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Mekah sebelum datangnya nabi Muhammad saw..

·   Mengajukan pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad saw.menjadi rasul  atau pertanyaan lain yang relevan.

·   Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa kelahiran  Nabi Muhammad saw.

·   Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad saw.diangkat menjadi rasul.

·   Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad Saw.berdakwah di Mekah.

·   Mendiskusikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

·   Menghubungkan antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah dalam bentuk diagram alur.

·   Merumuskan strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekah.

·   Menyajikan paparan  diagram alur sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

·   Menyajikan paparan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Mekah.

·   Menanggapi pertanyaan.

·   Menyusun kesimpulan.

 

·   Tes Tertulis

·   Produk

6 JP

a.         Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

b.        Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.         Mustahdi, Muhammad Ahsan, dan Sumiyati. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

                                                                                                                                                            Jepara,                   2020

Mengetahui

Kepala SMP ……………

 

 

 

……………………………..

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………

 

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research