Pengertian assessment of learning, assesment as learning, assessment for learning
assessment of learning
adalah penilaian yang pelaksanaannya itu dilakukan pada akhir tahun atau akhir
program, atau lebih spesifiknya penilaian yang dilakukan pada akhir semester
dari akhir tahun. Jadi, tujuannya adalah untuk melihat hasil yang dicapai oleh
para siswa, yaitu seberapa jauhkah tujuan-tujuan kurikuler yang berhasil
dikuasai oleh para peserta didik, dan penilaian inipun dititikberatkan pada
penilaian yang berorientasi kepada produk, bukan kepada sebuah proses. Pendekatan
ini menghasilkan penilaian sumatif.
assesment
as learning merupakan suatu metode penilaian
yang memberi kesempatan kepada
siswa untuk mengambil tanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri. Mereka diberi kesempatan untuk menilai pekerjaan dan kemampuan mereka sesuai dengan pengalaman yang mereka rasakan, bertujuan untuk untuk mendukung atau memperbaiki proses dan hasil belajar. Hasil penilaian diri dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan nilai. Pendekatan ini menghasilkan metode penilaian diri.
siswa untuk mengambil tanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri. Mereka diberi kesempatan untuk menilai pekerjaan dan kemampuan mereka sesuai dengan pengalaman yang mereka rasakan, bertujuan untuk untuk mendukung atau memperbaiki proses dan hasil belajar. Hasil penilaian diri dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan nilai. Pendekatan ini menghasilkan metode penilaian diri.
assessment for learning merupakan suatu jenis evaluasi yang disajikan di tengah program
pengajaran yang mempunyai fungsi untuk memantau (memonitor), untuk dapat
mengetahui kemauan belajar siswa dalam kesehariannya pada proses kegiatan
belajar mengajar demi memberikan suatu umpan balik, baik kepada siswa maupun
seorang guru.
bertujuan untuk mencari atau memperoleh sebuah umpan balik (feed
back), yang kemudian selanjutnya dari hasil penilaian tersebut dapat
digunakan untuk memperbaiki suatu proses belajar mengajar yang sedang atau yang
sudah dilaksanakan. Pendekatan ini melahirkan penilaian formatif.
Berdasarkan
uraian diatas maka perbedaan dari ketiga pendekatan assessment tersebut
terletak pada tujuannya.
Comments
Post a Comment