PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN




1.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan

 

Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran ditentukan oleh kelompok guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan materi esensial, kompleksitas, intake siswa, dan daya dukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.

1.        Rekapitulasi Hasil Analisis Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Setiap Mata Pelajaran.

REKAP KRITERIA KETUNTASAN  MINIMAL (KKM)

SMP NEGERI 1 JEPARA TAHUN 2021/2022

Mata Pelajaran

KKM

VII

VIII

IX

 

 

 

 

A.      KELOMPOK A

 

 

1.   Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

80

80

80

2.   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

75

78

80

3.   Bahasa Indonesia

75

78

80

4.   Matematika

74

78

80

5.   IPA

73

75

78

6.   IPS

73

76

78

7.   Bahasa Inggris

73

78

80

B.       KELOMPOK B

 

 

 

8.   Seni Budaya

75

75

76

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

75

78

78

10. Prakarya

75

75

75

11. Bahasa Jawa

73

75

76

C.      Pengembangan Diri

BK , PRAMUKA, BTIK

 

Minimal B (Baik)

 

2.    Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Berdasarkan  analisis KKM ditetapkan SMP Negeri 1 Jepara menggunakan KKM multi yaitu

a.       Kelas VII :

1)   KKM 75 untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Seni budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ), dan Prakarya.

2)   KKM 74 untuk mata pelajaran Matematika.

3)   KKM 73 untuk mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

4)   KKM 80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

b.      Kelas VIII :

1)   KKM 75 untuk mata pelajaran IPA, Seni budaya, Prakarya, dan Bahasa Jawa,

2)   KKM 76 untuk mata pelajaran IPS

3)   KKM 78 untuk mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PJOK.

4)   KKM 80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

c.       Kelas IX :

1)   KKM 75 untuk mata pelajaran Prakarya

2)   KKM 76 untuk mata pelajaran Seni budaya dan Bahasa Jawa.

3)   KKM 78 untuk mata pelajaran IPA, IPS, PJOK.

4)   KKM 80 untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Dengan interval nilai dan predikat KKM Multi Pengetahuan dan Keterampilan sebagai berikut.

No.

KKM

RENTANG NILAI

A

B

C

D

  1.  

80

> 93 – 100

> 86 - 93

>  80 – 86

<80

  1.  

78

> 93 – 100

> 85 - 93

>  78 – 85

<78

  1.  

76

> 92 – 100

> 83 - 92

>  76- 83

< 76

  1.  

75

>  92  - 100

>  82 - 92

>   75 – 82

< 75

  1.  

74

>  91  - 100

>  81 - 91

>   74 – 81

< 74

  1.  

73

>  90  - 100

>  80 - 91

>   73 – 80

< 73

 

3.      Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar

Pelaksanaan penilaian hasil belajar di SMP Negeri 1 Jepara, menggunakan jenis dan teknik sebagai berikut.

 

Jenis

Tehnik Penilaian

Penilaian Sikap

Utama :

·         Observasi guru mata pelajaran selama 1 semester, dan

·         Observasi wali kelas dan guru BK selama 1 semester

Penunjang:

·         Penilaian antar teman, dan

·         Penilaian diri

Penilaian Pengetahuan

·         Tes Tulis

·         Tes Lisan

·         Penugasan

Penilaian Ketrampilan

·         Praktek

·         Produk

·         Proyek

·         Portofolio

 

 

Pelaksanaan Penilaian dilakukan oleh :

a.       Pemerintah

b.      Satuan Pendidikan

c.       Pendidik

Mekanisme dan prosedur pelaporan Hasil Belajar Nilai proses diperoleh melalui :

a.       TLS = Tes Tulis

b.      LSN = Tes Lisan

c.       TT = Tugas Terstruktur

d.      TM = Tugas Mandiri

e.       PRK = Praktik

f.       PDK = Produk

g.      PRO = Proyek

h.      PF = Portofolio

i.        SKP = Sikap

 

2)    Remidial dan Pengayaan

Setelah KKM ditentukan, capaian pembelajaran peserta didik dapat dievaluasi ketuntasannya. Peserta didik yang belum mencapai KKM berarti belum tuntas, wajib mengikuti program remedial, sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan tuntas dan dapat diberikan pengayaan.

4.1. Remedial

Remedial merupakan program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM dalam satu KD tertentu. Pembelajaran remedial diberikan segera setelah peserta didik diketahui belum mencapai KKM. Pembelajaran remedial dilakukan untuk memenuhi kebutuhan/hak peserta didik. Dalam pembelajaran remedial, pendidik membantu peserta didik untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapi secara mandiri, mengatasi kesulitan dengan memperbaiki sendiri cara belajar dan sikap belajarnya yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal.

 

4.2 Pengayaan

Pengayaan merupakan program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui KKM. Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil PH. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulangkali sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian.

  

1.      Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1. Kriteria Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Peserta didik SMP Negeri 1 Jepara dinyatakan NAIK KELAS apabila memenuhi kriteria kenaikan  kelas berikut.

a.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti;

b.    Deskripsi sikap BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan;

c.    Nilai ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan, Bimbingan konseling, Bimbingan TIK minimal BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan;

d.   Tidak memiliki LEBIH DARI 2 (dua) mata pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi keterampilannya di bawah KKM atau belum tuntas;

e.    kehadiran siswa minimal 85% dari jumlah hari efektif;

f.     ditetapkan berdasarkan hasil rapat pleno dewan guru.

2. Kriteria Kelulusan

Untuk menentukan kriteria atau acuan kelulusan perlu dipertimbangkan situasi dan kondisi siswa, lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga, dan tenaga pendidik dan kependidikan juga mempertimbangkan pedoman-pedoman yang berlaku. Kriteria kelulusan tersebut ditentukan sebagai berikut;

a.    Peserta didik mengikuti kegiatan belajar di kelas IX sekurang-kurangnya 80% hari belajar efektif (HBE).

b.    Peserta didik telah mengikuti program pembelajaran seluruh mata pelajaran yang terdapat pada Kurikulum SMP Negeri 1 Jepara ini.

c.    Peserta didik memperoleh nilai minimal baik ( ≥ 75 ) pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran : (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, (2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, (3) kelompok mata pelajaran estetika, dan (4) kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

d.   Lulus Ujian Praktik dengan nilai sekurang-kurangnya 60 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.

e.    Lulus Ujian Sekolah dengan nilai sekurang-kurangnya 60 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan; sesuai dengan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Sekolah yang berlaku.

f.     Mengikuti Ujian Nasional dengan nilai sekurang-kurangnya sesuai dengan ketentuan yang ditentukan pemerintah; sesuai dengan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Nasional yang berlaku.

g.    Mengikuti ketentuan/Peraturan yang berlaku.

h.    Ditetapkan dalam rapat Dewan Guru.


Materi ini dapat didownload di link berikut : https://docs.google.com/uc?export=download&id=1ZT1gV4pcLx4JtL9pYcpm2ZVN2vs1fZk-/view?usp=sharing


Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research