PERATURAN AKADEMIK DAN TATA TERTIB SMP NEGERI 1 JEPARA



PERATURAN AKADEMIK DAN TATA TERTIB SMP NEGERI 1 JEPARA

1.      Peraturan Akademik

1.     Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur persyaratan kehadiran, ketentuan ulangan, remedial, kenaikan kelas, kelulusan, dan hak-hak peserta didik SMP N 1 Jepara.

2.     Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur hak peserta didik SMP N 1 Jepara menggunakan fasilitas sekolah untuk kegiatan belajar.

3.     Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas, bimbingan konseling (BK).

4.     Peserta didik SMP N 1 Jepara adalah anggota masyarakat yang sedang mengikuti proses pendidikan di SMP N 1 Jepara.

5.     Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih.

6.     Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 10 minggu efektif kegiatan pembelajaran.

7.     Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal.

8.     Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap.

 

2.      Tata Tertib Sekolah

1.      Tata Tertib SMP Negeri 1 Jepara

a)    Peserta didik wajib hadir di sekolah Pukul 06.50 WIB atau 10 menit sebelum bel di bunyikan.

b)   Peserta didik  yang terlambat harus melapor kepada guru piket harian.

c)    Bagi Peserta didik  yang terlambat kesekolah 3 x berturut- turut akan dikenakan sangksi Edukatif oleh Piket Harian / BK.

d)   Peserta didik  wajib mengikuti Upacara Bendera setiap hari Senin dan hari- hari Besar Nasional dengan berpakaian seragam, lengkap dengan atribut sekolah serta  memakai topi  dan dasi.

e)    Pakaian lengkap wanita memakai baju putih lengan panjang , rok warna biru ukurannya sampai mata kaki. Dan Pria memakai baju putih lengan pendek dan celana panjang warna biru, serta memakai sepatu berwarna hitam dan kaus kaki putih berlogo SMP N 1 Jepara, ukuran panjangnya setengah betis kaki.

f)    Peserta didik  harus berpakaian rapi tidak mengeluarkan baju / Kemeja putih dan tidak dibenarkan memakai baju kaos Oblong  ke sekolah.

g)   Sebelum pelajaran dimulai Peserta didik  wajib membersihkan ruangan kelas dan lingkungan sekitarnya bersih dari sampah dan plastik yang berserakan.

h)   Peserta didik  diwajibkan memakai pakaian Pramuka pada hari Jumat dan memakai kaus kaki warna hitam ukuran panjangnya setengah betis kaki.

i)     Peserta didik  diwajibkan memakai pakaian batik pada hari Sabtu dan memakai kaus kaki warna putih berlogo SMP N 1 Jepara ukuran panjangnya setengah betis kaki.

j)     Pada waktu pergantian pelajaran Peserta didik  dilarang keluar ruangan dan ketua kelas diwajibkan melapor ke piket harian bagi Guru Mata pelajaran yang tidak masuk ke ruangan kelas setelah 10 menit.

k)   Pada waktu istirahat Peserta didik  dilarang keluar pagar sekolah .

l)     Bagi Peserta didik  yang bersepeda ke sekolah wajib memakirkan ditempat yang telah ditentukan dan disusun dengan rapi dan bagi yang Peserta didik  yang kehilangan tidak menuntut kepada pihak sekolah.

m) Peserta didik  tidak diperkenankan memakai perhiasan atau aksesoris yang mencolok ke sekolah

n)   Peserta didik  diperbolehkan membawa Smartphone (HP) ke sekolah hanya diperuntukkan sebagai media pembelajaran.

o)   Peserta didik  diwajibkan berbicara sopan, santun kepada guru, tamu sekolah,  serta sesama teman di sekolah maupun diluar sekolah.

p)   Peserta didik  wajib memberi salam dan berbicara santun kepada Bapak/Ibu Guru dan karyawan apabila berjumpa di sekolah maupun di luar sekolah.

q)   Peserta didik  wajib mengadakan kerjasama dengan Ketua Osis / Pengurus Osis sesuai dengan bidangnya masing – masing  guna untuk meningkatkan kemajuan sekolah. 

r)     Bagi Siswa Pria dilarang : Berambut Panjang, Memelihara kuku panjang, merubah warna rambut, bergelang dan bertato.

s)    Mengawali Jam Pelajaran pertama seluruh Peserta didik  berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh ketua kelas atau wakilnya.

t)     Setiap pergantian jam pelajaran Peserta didik  memberi hormat kepada guru pengganti.

u)   Peserta didik  dilarang merokok,  berjudi,  berkelahi,  minum-minuman keras, mengedar dan mengkonsumsi obat terlarang, di dalam maupun di luar sekolah.

v)   Peserta didik  dilarang membawa benda-benda tajam, membaca atau mengedarkan gambar, sketsa audio atau vidio porno  dari HP, VCD dan sejenisnya kepada siapapun juga.

w) Peserta didik  dilarang mencoret dinding bangunan,  pagar,  perabot dan peralatan sekolah.

x)   Peserta didik  diwajibkan mengganti peralatan sekolah yang rusak akibat perbuatannya baik dilakukan sengaja maupun tidak sengaja.

 

 

  1. Sanksi Bagi Peserta didik  yang Melanggar Peraturan Sekolah

 Peserta didik  yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan dan ketentuan di atas akan dikenakan sanksi sebagai berikut :

a)    Teguran Lisan.

b)   Teguran Tertulis.

c)    Panggilan Orang Tua : I, II, dan III.

d)   Mendapat Skorsing beberapa hari.

e)    Dikembalikan Kepada Orang Tua / Wali


Materi ini dapat didownload di link berikut :https://docs.google.com/uc?export=download&id=1HfukqzQ4jqsacY-99MFaVkcZnywXrnHS/view?usp=sharing


Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research