JURNAL REFLEKSI MODUL 1.1 PEMIKIRAN FILOSOFIS KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN

 FACT (Fakta)

Dua minggu ini saya mendapatkan materi yang cukup padat mengenai pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan Indonesia. kegiatan dimulai dengan lokakarya orientasi dilanjutkan dengan pendalaman materi secara mandiri dan merefleksikannya, melakukan eksplorasi konsep, diskusi kelompok, presentasi, dan merefleksikan kembali semua materi pemikiran KHD dalam bentuk infografis, video, dll sesuai dengan kreatifitas masing-masing CGP.

Dalam dua minggu ini saya belum menemukan hambatan yang cukup berarti, selain karena beban mengajar sudah sedikit berkurang karena kelas IX sudah tidak ada Kegiatan Belajar Mengajar, juga karena dukungan dari Kepala Sekolah dan teman sejawat yang memahami keadaan saya yang sedang dalam program pendidikan guru penggerak sehingga tidak memberikan tugas-tugas di luar KBM yang dirasa akan membebani.

FEELINGS (Peristiwa)

Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak selama 2 minggu ini, saya merasa sangat senang karena mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan, dan pengalaman baru.

Filosofi pemikiran KHD dan konsep merdeka belajar menjadi pengetahuan baru yang menjadi bahan renungan saya, bahwa proses pembelajaran yang selama ini saya laksanakan belum sepenuhnya mencerminkan cita-cita dan pemikiran KHD tentang pendidikan di Indonesia.

selain itu berbagi pengalaman dengan rekan-rekan peserta lain, fasilitator dan instruktur dalam sesi-sesi diskusi menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi saya

FINDINGS (Pembelajaran)

ilmu dan pembelajaran yang dapat saya ambil dalam dua minggu kegiatan pendidikan guru penggerak ini adalah semakin meningkatkan kualitas diri, berbenah dengan berusaha menyelami karakter peserta didik agar dapat melayani dan menfasilitasi minat, kebutuhan individu peserta didik dengan baik.

saatnya untuk membangun lingkungan yang kolaboratif dengan seluruh warga sekolah dan menjadi teladan dalam proses pendidikan di sekolah

FUTURE (Penerapan)

Kegiatan yang akan saya terapkan adalah melakukan pendekatan individu dengan peserta didik yang kesulitan dalam proses pembelajaran sebagai wujud pendidikan yang menuntun. kemudian mengajak peserta didik untuk bersama-sama menyepakati aturan dan model pembelajaran yang akan dilaksanakan agar tercipta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

selanjutnya adalah meningkatkan kualitas diri dalam penguasaan teknologi pendidikan, agar dalam proses pembelajaran dapat mengikuti arus perkembangan zaman sebagai wujud pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research