Jurnal Refleksi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai pemimpin pembelajaran

 

Fact

Modul 3.1 berisi tentang Pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin. Kegiatan dimulai dengan tahap mulai diri yaitu CGP diminta untuk melakukan refleksi berdasarkan kegiatan pembelajaran yang pernah dilakukan. Selanjutnya kegiataan eksplorasi konsep dan seterusnya CGP diberikan pemahaman dan penguatan tentang apa itu dilema etika dan bujukan moral, selain itu juga tentang bagaimana mengambil keputusan dan paradigma yang digunakan. Terdapat 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan yang harus dilakukan seorang pemimpin dalam setiap pengambilan keputusannya. Pada aksi nyata CGP diminta untuk mewawancarai beberapa kepala sekolah tentang bagaimana mereka menghadapi dilema etika dan bujukan moral, serta bagaimana langkah pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan.

Feelings

Saya sangat senang sekali mendapatkan materi ini karena saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang bagaimana cara yang tepat dalam mengambil keputusan. Pengatahuan ini sangat bermanfaat dalam kegiatan saya sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah karena manusia akan selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang membutuhkan keputusan.

Findings

Materi pada modul 3.1 ini sangat memberikan manfaat bagi diri saya, selain materi sebagai pengetahuan juga pengalaman yang di dapat setelah mengikuti rangkaian pembelajaran pada modul ini.  Saya dapat merefleksikan peristiwa-peristiwa pengambilan keputusan yang pernah saya lakukan untuk saya ambil pelajaran sudah tepatkan cara pengambilan keputusan yang saya lakukan, selain itu pengalaman mewawancari beberapa kepala sekolah memberikan pemahaman baru bahwa setiap pemimpin mempunyai langkah yang berbeda dalam mengambil keputusan.

Future

Setelah mempelajari modul 3.1 ini saya akan mulai menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan dalam setiap pengambilan keputusan, yaitu sebelum mengambil keputusan saya harus memetakan apakah kasusnya adalah dilema etika ataukah bujukan moral, selanjutnya saya memetakan dengan 4 paradigma dan 3 prinsip pengambilan keputusan dan melakukan 9 langkah pengambilan keputusan.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research