JURNAL REFLEKSI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 Fact :

CGP minggu ini mempelajari modul 1.4 yaitu tentang Budaya Positif. Pembelajaran dimulai dengan kegiatan Mulai dari diri dan Eksplorasi Konsep yang berisikan materi yang cukup banyak. Selain itu dalam eksplorasi konsep CGP juga diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS. Kegiatan berlanjut dengan ruang kolaborasi di mana CGP melakukan diskusi untuk menganalisis kasus yanag dikaitkan dengan penerapan budaya positif di sekolah. Pada alur Demonstrasi Konstektual CGP diminta untuk mengupload video praktik penerapan restitusi terhadap pelajar yang melanggar keyakinan kelas. Alur pembelajaran diakhiri dengan tugas CGP untuk menyelenggarakan seminar untuk mengimbaskan materi budaya positif kepada rekan guru yang lain.

Hal baik yang saya dapatkan pada Pembelajaran modul 1.4 ini yaitu saya mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana menerapkan disiplin positif, bahwa ada pilihan lain dalam menerapkan kedisiplinan siswa selain dengan memberikan hukuman, yaitu dengan restitusi. sehingga saya termotivasi untuk memahami lebih dalam agar dapat melakukan restitusi dengan benar dan tepat.

Adapun hambatan yang saya alami pada pembelajaran modul 1.4 ini beberapa kali kegiatan CGP berbeturan dengan kegiatan/tugas lain dari sekolah sehingga saya harus mengatur waktu kembali untuk dapat menyelesaikan tagihan-tagihan dalam modul 1.4.

 

Feellings :

Saya merasa pembelajaran pada modul 1.4 ini cukup menyita banyak waktu karena materinya yang sangat banyak, namun hal itu membuat saya semakin tertantang, meskipun terdapat materi yang harus saya baca beberapa kali untuk memahaminya.

 

Findings :

Pembelajaran pada Modul 1.4 ini memberikan saya banyak pengetahuan baru, antara lain tentang teori kontrol, disiplin positif, teori motivasi, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol, dan segitiga restitusi. Dengan materi-materi tersebut  saya dapat melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah saya lakukan selama ini,  untuk kemudian saya kembangkan dengan menerapkan materi-materi pada modul 1.4

 

Future :

Langkah selanjutnya yang akan saya lakukan adalah mulai dengan meninjau ulang kesepakatan belajar kelas dengan menerapkan nilai-nilai keyakinan kelas agar dapat menjadi pegangan pelajar dalam menerapkan disiplin positif. Kemudian menerapkan restitusi untuk pelajar yang melakukan pelanggaran dengan memposisikan diri sebagai manajer.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research