JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

 

DESCRIPTION

Pembelajaran Modul 3.2 dengan materi Pemimpin dalam Pengelola Sumber Daya tetap dilaksanakan secara daring/online melalui LMS Guru Penggerak. Kurang lebih dua minggu kami mempelajari modul ini sebagaimana modul-modul sebelumnya. Materi ini merupakan materi baru yang harus kami pelajari dan pahami.

Modul 3.2 diawali dengan Mulai diri (24 Oktober 2022). CGP menjawab pertanyaaan-pertanyaan pemantik untuk mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumberdaya.

Pada pembelajaran Eksplorasi konsep (25-26 Oktober 2022). CGP mempelajari tentang perbedaan sekolah sebagai ekosistem yang menggunakan pendekatan berbasis kekuatan dan pendekatan berbasis kekurangan, pendekatan ABCD, 7 Aset-aset dalam sebuah komunitas. Dilanjutkan forum diskusi dengan menjawab beberapa kasus dengan mengkomunikasi ide, pikiran dan gagasan bersama CGP lain.

Pada Ruang Kolaborasi (26-27 Oktober 2022), CGP difasilitasi oleh fasilitator dan dibagi menjadi 3 kelompok mengindentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif. Keesokan harinya semua kelompok melakukan presentasi.

Pada pembelajaran Demonstrasi Kontekstual (28-29 Oktober 2022), CGP menganalisis Visi dan Prakarsa perubahan dari tayangan video praktek baik yang ada. serta mengidentifikasi kegiatan pada tahapan B-A-G-J-A berdasarkan rubrik penilaian yang telah disediakan.

Selanjutanya tahap Elaborasi Pemahaman (1 November 2022) bersama intruktur selama 2 JP (90 menit). CGP berdiskusi bersama instruktur dan CGP lain tentang strategi Pengelolaan Sumber Daya menggunakan moda konferensi daring.

Pada pembelajaran Koneksi Antarmateri (2-3 November 2022), CGP harus menghubungkan materi pada modul 3.2 dengan modul-modul yang didapat sebelumnya.

Siklus alur MERDEKA yang terakhir adalah Aksi Nyata. CGP mengidentifikasi secara kolaborasi bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.

 

EXAMINATION

Dari modul-modul yang saya pelajari, banyak sekali wawasan dan pengalaman-pengalaman baru yang saya dapatkan baik dari LMS Pendidikan Guru Penggerak maupun dari Fasilitator, Pengajar Praktik, Instruktur, dan CGP yang selalu saling kolaborasi, memotivasi untuk terus semangat belajar memahami dan menyelesaikan tugas - tugas dari modul - modul yang ada di Program Guru Penggerak ini. Saya akan selalu berusaha mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas dan sekolah dalam menggunakan aset dan kekuatan dalam mengelola sumber daya

 

ARTICULATION OF LEARNING

Pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari yaitu :

  • Sekolah sebagai ekosistem
  • Pendekatan pengembangan komunitas berbasis Aset
  • Tujuh modal utama

Rencana untuk perbaikan dimasa mendatang yaitu :

  • Menganalisa aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien
  • Merancang pemetan potensi yang dimiliki sekolah menggunakan pendekatan ABCD
  • Menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research