JURNAL REFLEKSI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

 JURNAL REFLEKSI MODUL 2.2 DENGAN GAYA ROUND ROBIN

1)      Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?

Hal yang paling saya kuasai adalah tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan di sekolah dapat dilaksanakan melalui beberapa cara yaitu, pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akdemik, iklik kelas dan budaye sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.

Selanjutnya hal yang saya kuasai adalah tentang penjelasan dari 5 kompetensi sosial dan emosional yaitu : kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Saya merasa menguasai materi tersebut karena saya mempelajari materi ini melalui serangkaian proses mulai dari diri, eksplorasi konsep, diskusi dengan teman CGP lain pada ruang koborasi hingga sampai pada aksi nyata. Proses yang paling membuat saya merasa menguasai materi ini ada pada sesi diskusi dengan teman CGP lain pada ruang kolaborasi, di mana saya mengatahui bagaimana penerapan PSE dilaksanakan pada kegiatan di kelas dan di sekolah.

 

2)      Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Hal yang belum saya kuasai dalam modul 2.2 adalah bagaimana mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran sosial emosional yang telah saya lakukan. Hal yang akan saya lakukan adalah memperbanyak literasi berkaitan dengan PSE dan berdiskusi dengan guru-guru yang lebih berpengalaman

 

3)      Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.

Hal yang masih membingungkan saya dari modul 2.2 ini adalah hal yang saya belum kuasai yaitu tentang bagaimana mengukur keberhasilan penerapan PSE yang telah saya lakukan.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research