JURNAL REFLEKSI MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 JURNAL REFLEKSI MODUL 2.1 DENGAN MODEL 4C (Connecting, Challenge, Concept, and Change)

Connecting

Modul 2.1 merupakan materi awal pada modul 2 yaitu berisikan materi tentang bagaimana memenuhi kebutuhan murid melalui pembelajaran berdiferensiasi. Materi pada modul ini antara lain berisikan tentang 3 hal yang harus diperhatikan guru dalam pembelajaran yaitu kesiapan, minat, dan profil belajar murid. Guru sebagai penuntun pendidikan yang berpihak pada murid harus dapat mengetahui dan dapat memetakan kebutuhan murid tersebut, apakah murid sudah siap? Di mana letak minat murid dalam pembelajaran? dan bagaimana profil gaya belajar setiap murid?, pertanyaan-pertanyaan tersebut hendaknya terjawab sehingga dalam proses pembelajaran kebutuhan murid yang beragam tersebut dapat terpenuhi. Selanjutnya materi yang disajikan dalam modul ini adalah tentang macam-macam diferensiasi yang hendaknya disajikan guru dalam proses pembelajaran, yaitu diferensiasi konten, proses, dan produk. Kaitannya dengan proses pembelajan, guru harus dapat menyajikan konten/materi pembelajaran yang beragam untuk mengkomodasi murid yang memiliki keragaman dalam mencerna informasi. Guru juga harus dapat menyajikan proses pembelajaran yang bertahap dari sederhana – kompleks menyesuaikan dengan tingkat kemampuan murid, agar tidak ada murid yang merasa ditinggalkan atau tidak diperhatikan sehingga semua merasa terkomodasi sesuai dengan tingkat kemampuannya. Diferensiasi produk juga harus diberikan guru agar murid mempunyai keluasan dalam menghasilkan produk sesuai dengan minat, kemampuan, dan kreativitasnya.

Challenge

Setelah mempelajari modul 2.1 baik dari materi tertulis maupun dari narasumber, ternyata terdapat beberapa hal yang berbeda dari praktik yang telah saya jalankan selama ini, antara lain seringkali dalam proses pembelajaran saya tidak begitu memperhatikan tentang kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid. Saya biasanya hanya memberikan pengantar sekadarnya saja tanpa menganalisis lebih jauh tentang 3 hal tersebut.

Concept

Konsep penting yang saya pelajari dan akan saya bawa sebagai guru adalah:

(1)    Konsep tentang bagaimana memetakan kesiapan belajar murid, minat belajar, dan profil belajar murid.

(2)    Konsep tentang bagaimana menyajikan diferensiasi konten, proses, dan produk dalam proses pembelajaran

(3)    Konsep tentang menciptakan lingkungan yang menarik murid untuk belajar

Change

Perubahan yang ingin saya lakukan setelah mendapatkan materi pada modul ini adalah saya akan memetakan kebutuhan murid dalam belajar mulai dari kesiapan, minat, dan profil belajar murid, selanjutnya yaitu tentang menyusun rencana pembelajaran yang berdiferensiasi yang menyajikan diferensiasi konten, proses, dan produk

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research