JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

 Description

Setelah 1 bulan vakum karena pergantian pengelolaan dari P4TK Yogyakarta ke BBGP Jawa Tengah, pada tanggal 1 Agustus 2022 Program Guru Penggerak khususnya CGP Angkatan 5 Kabupaten Jepara kembali dimulai dengan mempelajari modul 1.3

Pada modul 1.3 disajikan materi tentang bagaimana menyusun Visi. Visi menjadi hal penting yang harus dikuasai guru penggerak karena visi merupakan mimpi, target, dan harapan yang dijadikan tujuan seseorang dalam melakukan sesuatu. CGP yang akan menjadi sosok penggerak pendidikan ke depan diharapkan dapat menyusun visi dengan baik dan benar.

Penyusunan visi dapat dimulai dengan melihat aset-aset pendidikan yang ada. Proses menemukenali aset-aset, kekuatan, dan potensi yang ada ini dapat menggunakan Inkuiri Apresiasi. Pendekatan Inkuriri Apresiasi berusaha untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada untuk digunakan mengembangkan, menggerakkan, dan mewujudkan visi yang telah dibuat. Dengan kata lain Inkuiri Apresiatif adalah manajemen berbasis kekuatan.

Inkuiri Apresiatif dapat dilakukan dengan menggunakan metode BAGJA yaitu singkatan dari Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi.

 

Examination

Setelah mempelajari bagaimana menyusun sebuah visi dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif saya memperoleh pengalaman baru bahwa kelemahan yang dikelola dengan baik akan menjadi kekuatan baru yang dapat mendukung pada pencapaian visi. Hal ini berbeda dengan apa yang saya lakukan sebelumnya di mana saya mengesmapingkan aset-aset yang lemah sehingga tidak saya gunakan menjadi bagian rencana saya mewujudkan visi.

 

Articulation of Learning

Setelah mempelajari tentang Inkuiri Apresiatif dan metode BAGJA, maka kelemahan-kelemahan yang awalnya saya eliminir dari aset dukung kini akan saya kelola untuk memunculkan nilai kekuatannya sehingga menjadi daya dukung baru mewujudkan visi yang telah saya buat.


Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research