CONTOH INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN IMAN DAN TAQWA (IMTAQ)


INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM
PEMBINAAN IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) SEBAGAI UPAYA MEMBINA AKHLAK SISWA

Instrumen yang digunakan dalam melakukan Evaluasi Program Pembinaan Iman dan Taqwa (IMTAQ) sebagai Upaya Membina Akhlak Siswa di SMP terdiri atas 4 instrumen, yaitu instrumen angket, panduan wawancara, pedoman observasi, dan panduan dokumentasi.

INSTRUMEN ANGKET

Dimensi           : Input
Fokus              : Komitmen dalam melaksanakan Program Pembinaan IMTAQ
Responden      : Kepala Sekolah
Jenis Skala       : Skala Bogardus

Berilah tanda centang (√) pada kolom jawaban sesuai pilihan anda
NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
YA
TIDAK
1.       
Apakah program pembinaan IMTAQ siswa merupakan agenda penting sekolah ?


2.       
Apakah sekolah merancang program pembinaan IMTAQ siswa bersama guru ?


3.       
Apakah sekolah mengalokasikan dana khusus untuk pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?


4.       
Apakah anda melakukan bimbingan dalam program pembinaan IMTAQ siswa ?


5.       
Apakah anda melakukan evaluasi dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?


6.       
Apakah anda melakukan kontrol (pengawasan) dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?








Dimensi           : Input
Fokus              : Komitmen dalam melaksanakan Program Pembinaan IMTAQ
Responden      : Guru
Jenis Skala       : Skala Bogardus

Berilah tanda centang (√) pada kolom jawaban sesuai pilihan anda
NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
YA
TIDAK
1
Apakah anda setuju dengan pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?


2
Apakah anda melaksanakan tugas sesuai rancangan program pembinaan IMTAQ siswa ?


3
Apakah anda memberikan saran demi perbaikan program pembinaan IMTAQ siswa ?


4
Apakah anda melakukan pengawasan terhadap tingkah laku (akhlak) siswa ketika di sekolah ?


5
Apakah anda mengikuti seluruh agenda-agenda program pembinaan IMTAQ siswa ?





PANDUAN WAWANCARA

Dimensi           : Produk
Fokus              : Perubahan Akhlak Siswa sehari-hari di sekolah
Responden      : Waka. Kesiswaan, Guru Agama, Guru BK
Pertanyaan      :
1.      Apakah ada perubahan terhadap akhlak siswa setelah mengikuti program pembinaan IMTAQ ? Jelaskan !
2.      Setelah adanya program pembinaan IMTAQ siswa, apakah ada perubahan tingkat kenakalan siswa ? Jelaskan !
3.      Perubahan apa yang paling mencolok setelah adanya program pembinaan IMTAQ siswa ?
4.      Menurut anda berapa persen siswa yang menunjukkan perubahan akhlak yang baik setelah adanya program pembinaan IMTAQ ?
5.      Apakah terdapat perbedaan budaya sekolah (berkaitan perubahan akhlak siswa) setelah adanya program pembinaan IMTAQ siswa ? jelaskan !

Dimensi           : Konteks
Fokus              : Kesesuaian program pembinaan IMTAQ siswa dengan kebutuhan sekolah
Responden      : Kepala Sekolah
Pertanyaan      :
1.      Bagaimana implementasi Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dalam kaitannya membina akhlak siswa ?
2.      Bagaimana perkembangan akhlak siswa sebelum diadakan program pembinaan IMTAQ siswa ?
3.      Sejauh apa program pembinaan IMTAQ siswa berperan dalam mewujudkan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah ?

Dimensi           : Proses
Fokus              : Proses pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa
Responden      : Penanggung Jawab Program
Pertanyaan      :
1.      Bagaimana proses pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
2.      Bagaimana pola atau langkah-langkah dalam mensukseskan program pembinaan IMTAQ siswa ?
3.      Bagaimana langkah untuk mengetahui ketercapaian program ?
4.      Bagaimana proses evaluasi terhadap akhlak siswa ?
5.      Apa saja kendala/hambatan yang dihadapi dalam program pembinaan IMTAQ siswa ?
6.      Bagaimana upaya mengatasi kendala/hambatan dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa?
7.      Apa saja faktor pendukung dalam melaksanakan program pembinaan IMTAQ siswa ?





PEDOMAN OBSERVASI

Dimensi           : Input
Fokus              : Sarana dan prasarana pendukung program pembinaan IMTAQ siswa

Berilah tanda centang (√) pada kolom ketersediaan dan keterangan keadaan barang pada kolom kondisi
Aspek
Ketersediaan
Kondisi
Tidak Ada
Ada
1.      Masjid / Musholla



2.      Tempat Wudhu



3.      Kitab Yanbu`a



4.      Al-Qur`an



5.      Kotak Sabtu beramal



6.      Sound sistem






DOKUMENTASI
Dimensi           : Input
Fokus              : Dokumen – dokumen pendukung program pembinaan IMTAQ siswa
Berilah tanda centang (√) pada kolom ketersediaan
Aspek
Ketersediaan
Tidak Ada
Ada
7.      SK Program


8.      SK pengelola program


9.      Jadwal Kegiatan


10.  Panduan pelaksanaan Program


11.  Panduan evaluasi


12.  Lembar kegiatan siswa


13.  Lembar evaluasi siswa


14.  Dokumen Anggaran dana program


15.  Lampiran Doa sebelum dan sesudah pelajaran


16.  Lampiran bacaan asmaul husna


17.  Lampiran bacaan istighosah




Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research