CONTOH INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN IMAN DAN TAQWA (IMTAQ)
PEMBINAAN
IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) SEBAGAI UPAYA MEMBINA AKHLAK SISWA
Instrumen yang digunakan dalam melakukan Evaluasi Program Pembinaan Iman
dan Taqwa (IMTAQ) sebagai Upaya Membina Akhlak Siswa di SMP terdiri atas 4 instrumen, yaitu instrumen angket, panduan wawancara,
pedoman observasi, dan panduan dokumentasi.
INSTRUMEN ANGKET
Dimensi : Input
Fokus : Komitmen dalam melaksanakan Program Pembinaan IMTAQ
Responden : Kepala Sekolah
Jenis Skala : Skala Bogardus
Berilah tanda centang (√)
pada kolom jawaban sesuai pilihan anda
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Apakah program pembinaan
IMTAQ siswa merupakan agenda penting sekolah ?
|
||
2.
|
Apakah sekolah merancang
program pembinaan IMTAQ siswa bersama guru ?
|
||
3.
|
Apakah sekolah mengalokasikan
dana khusus untuk pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
4.
|
Apakah anda melakukan
bimbingan dalam program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
5.
|
Apakah anda melakukan
evaluasi dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
6.
|
Apakah anda melakukan kontrol
(pengawasan) dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
Dimensi : Input
Fokus : Komitmen dalam melaksanakan Program Pembinaan IMTAQ
Responden : Guru
Jenis Skala : Skala Bogardus
Berilah tanda centang (√)
pada kolom jawaban sesuai pilihan anda
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Apakah anda setuju dengan
pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
2
|
Apakah anda melaksanakan
tugas sesuai rancangan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
3
|
Apakah anda memberikan saran
demi perbaikan program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
||
4
|
Apakah anda melakukan
pengawasan terhadap tingkah laku (akhlak) siswa ketika di sekolah ?
|
||
5
|
Apakah anda mengikuti seluruh
agenda-agenda program pembinaan IMTAQ siswa ?
|
PANDUAN WAWANCARA
Dimensi : Produk
Fokus : Perubahan Akhlak Siswa sehari-hari di sekolah
Responden : Waka. Kesiswaan, Guru Agama, Guru BK
Pertanyaan :
1. Apakah ada perubahan terhadap akhlak siswa setelah mengikuti program
pembinaan IMTAQ ? Jelaskan !
2. Setelah adanya program pembinaan IMTAQ siswa, apakah ada perubahan
tingkat kenakalan siswa ? Jelaskan !
3. Perubahan apa yang paling mencolok setelah adanya program pembinaan IMTAQ
siswa ?
4. Menurut anda berapa persen siswa yang menunjukkan perubahan akhlak yang
baik setelah adanya program pembinaan IMTAQ ?
5. Apakah terdapat perbedaan budaya sekolah (berkaitan perubahan akhlak
siswa) setelah adanya program pembinaan IMTAQ siswa ? jelaskan !
Dimensi : Konteks
Fokus : Kesesuaian program pembinaan IMTAQ siswa dengan
kebutuhan sekolah
Responden : Kepala Sekolah
Pertanyaan :
1.
Bagaimana implementasi
Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dalam kaitannya membina akhlak siswa ?
2.
Bagaimana perkembangan
akhlak siswa sebelum diadakan program pembinaan IMTAQ siswa ?
3.
Sejauh apa
program pembinaan IMTAQ siswa berperan dalam mewujudkan Visi, Misi, dan Tujuan
Sekolah ?
Dimensi : Proses
Fokus : Proses pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa
Responden : Penanggung Jawab Program
Pertanyaan :
1.
Bagaimana
proses pelaksanaan program pembinaan IMTAQ siswa ?
2.
Bagaimana
pola atau langkah-langkah dalam mensukseskan program pembinaan IMTAQ siswa ?
3.
Bagaimana
langkah untuk mengetahui ketercapaian program ?
4.
Bagaimana
proses evaluasi terhadap akhlak siswa ?
5.
Apa saja
kendala/hambatan yang dihadapi dalam program pembinaan IMTAQ siswa ?
6.
Bagaimana
upaya mengatasi kendala/hambatan dalam pelaksanaan program pembinaan IMTAQ
siswa?
7.
Apa saja
faktor pendukung dalam melaksanakan program pembinaan IMTAQ siswa ?
PEDOMAN
OBSERVASI
Dimensi : Input
Fokus : Sarana dan
prasarana pendukung program pembinaan IMTAQ siswa
Berilah tanda centang (√) pada
kolom ketersediaan dan keterangan keadaan barang pada kolom kondisi
Aspek
|
Ketersediaan
|
Kondisi
|
|
Tidak Ada
|
Ada
|
||
1.
Masjid / Musholla
|
|||
2. Tempat Wudhu
|
|||
3.
Kitab Yanbu`a
|
|||
4. Al-Qur`an
|
|||
5. Kotak Sabtu
beramal
|
|||
6. Sound sistem
|
DOKUMENTASI
Dimensi : Input
Fokus : Dokumen – dokumen
pendukung program pembinaan IMTAQ siswa
Berilah tanda centang (√)
pada kolom ketersediaan
Aspek
|
Ketersediaan
|
|
Tidak Ada
|
Ada
|
|
7.
SK Program
|
||
8. SK pengelola
program
|
||
9.
Jadwal Kegiatan
|
||
10. Panduan
pelaksanaan Program
|
||
11. Panduan
evaluasi
|
||
12. Lembar
kegiatan siswa
|
||
13. Lembar
evaluasi siswa
|
||
14. Dokumen
Anggaran dana program
|
||
15. Lampiran Doa
sebelum dan sesudah pelajaran
|
||
16. Lampiran
bacaan asmaul husna
|
||
17. Lampiran
bacaan istighosah
|
Comments
Post a Comment