Tanya Jawab tentang Dasar-Dasar Penelitian


1.      Mengapa kita melakukan penelitian ?
Jawab :
Penelitian dilakukan karena beberapa hal, diantaranya:
1)      Adanya sifat dasar manusia yang serba ingin tahu (curiosity), sehingga manusia akan melakukan sesuatu untuk memuaskan keingintahuannya itu.
2)      Adanya fenomena yang tidak sesuai dengan kenyataan seharusnya, sehingga menimbulkan pertanyaan yang butuh sebuah jawaban.
3)      Adanya permasalahan yang butuh untuk segera dipecahkan dan dicari solusinya.

2.      Jelaskan 3 aliran filsafat penelitian !
Jawab :
3 aliran filsafat penelitian, yaitu :
1)      Pra-Positivisme, yang memandang realitas itu bersifat alamiah, apa adanya, tidak dibuat-buat, sehingga pengamat bersifat pasif menggambarkan realita sesuai apa yang dilihat. aliran ini menghasilkan metode penelitian deskripsi kualitatif
2)      Positivisme, yang memandang realitas itu teramati, bersifat tunggal, bisa diklasifikasikan, relatif tetap dan terukur. Aliran ini menghasilkan metode ilmiah kuantitatif.
3)      Post-Positivisme, yang memandang realitas bersifat holistik (tidak dapat dipecah), dinamis, kompleks, multi disiplin, penuh makna. Aliran ini menghasilkan metode ilmiah kualitatif.

3.      Apa hakekat penelitian ?
Jawab :
            Hakikat merupakan unsur utama yang mewujudkan sesuatu, sedangkan unsur utama dari penelitian adalah adanya data-data atau informasi. sehingga hakikat penelitian yaitu  mendapatkan data atau informasi jujur sebagaimana adanya, bukan sebagaimana seharusnya.

4.      Jelaskan pengertian metode penelitian !
Jawab :
            Metode penelitian merupakan langkah-langkah sistematis dan ilmiah untuk mendapatkan data maupun informasi sesuai tujuan dan kegunaan tertentu.

5.      Apa yang dimaksud dengan cara ilmiah ?
Jawab :
Cara ilmiah merupakan langkah-langkah yang dilakukan peneliti yang mengandung 3 hal, yaitu :
Rasional (masuk akal / terjangkau penalaran manusia)
Empiris (dapat dibuktikan / terjangkau panca indera)
Sistematis (punya urutan / prosedur/ tata cara tertentu yang logis)

6.      Jelaskan pengertian data !
Jawab :
            Data merupakan fakta atau informasi yang digunakan untuk melakukan penelitian.
Data dibagi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
data kualitatif bersifat deskriptif, dapat berupa dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden.
data kuantitatif yaitu berupa angka atau tabel hasil dari pengukuran variabel yang dioperasionalkan menggunakan instrumen. Data kuantitatif dibagi dua, yaitu diskrit dan kontinum. Data kontinum dibagi menjadi tiga yaitu ordinal, interval dan ratio

7.      Jelaskan tujuan penelitian !
Jawab :
            Tujuan penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan membuktikan/menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah.[1] Dengan demikian tujuan penelitian dapat disimpulkan menjadi 3 tujuan, yaitu :
1)      Menemukan pengetahuan
2)      Mengembangkan pengetahuan
3)      Membuktikan/menguji kebenaran suatu pengetahuan

8.      Jelaskan kegunaan/manfaat penelitian !
Jawab :
            Ada tiga nilai kegunaan atau manfaat dari penelitian, yaitu
Untuk memahami suatu masalah.
Untuk memecahkan suatu masalah.
Untuk antisipasi suatu masalah

9.      Jelaskan perbedaan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dari aspek :
Desain, tujuan, metode, instrumen, data, sampel/sumber data, analisis, hubungan dengan responden dan usulan penelitian !
Jawab :
Desain
            Desain penelitian kuantitatif lebih spesifik, jelas dan rinci, karena harus meliputi penentuan pemilihan subjek dari mana informasi atau data akan diperoleh, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, prosedur yang ditempuh untuk pengumpulan, serta perlakuan yang akan diselenggarakan.[2] Sehingga sejak awal penelitian sudah mantab dan mempunyai pegangan untuk menentukan langkah demi langkah dan tahapan-tehapan yang harus dilakukan selanjutnya. Sedangkan dalam penelitian kualitatif lebih bersifat umum,  fleksibel, dan berkembang selama proses penelitian.
Tujuan
            Tujuan penelitian kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara variabel (hubungan, pengaruh, perbedaan, sebab akibat), selain itu juga bertujuan untuk menguji teori dan mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif. Sedangkan penelitian kualitatif cenderung mempunyai tujuan untuk menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif dengan menggambarkan realitas secara kompleks, sehingga memperoleh pemahaman makna dari suatu permasalahan dan akhirnya menemukan teori baru.
Metode
            Metode penelitian kuantitatif antara lain melalui eksperimen, survei, kuesioner, interview terstruktur. Sedangkan penelitian kualitatif antara lain melalui interview mendalam, observasi, review dokumen, triangulasi, studi kasus, studi sejarah deskriptif, dan studi lingkungan kehidupan.
Instrumen
            Pada pendekatan kuantitatif, maka instrumen yang digunakan antara lain kuesioner, tes, angket,  pengukuran dari rumus-rumus, dan seterusnya. Pada pendekatan kualitatif, maka instrumen yang digunakan antara lain tape recorder, audiovisual, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan seterusnya yang diperlukan.
Data
            Dari segi sajian data, penelitian kuantitatif berupa angka atau tabel hasil dari pengukuran variabel yang dioperasionalkan menggunakan instrumen. sedangkan penelitian kualitatif datanya disajikan dalam bentuk cerita detail sesuai bahasa dan pandangan responden (deskriptif), antara lain dapat berupa dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden.
Sampel/Sumber data
            Pada pendekatan kuantitatif, jumlah sampel harus terseleksi jelas sejak awal, dengan cara acak, terstruktur, mana yang kelompok eksperimen dan mana yang kelompok kontrol, sampel harus mewakili populasi (representatif). Sedangkan pada pendekatan kualitatif, jumlah sampel tidak perlu besar, namun purposive, dapat berwujud sistem bola salju (berkembang selama proses penelitian).
Analisis data
            Pendekatan kuantitatif memakai penyimpulan analisa data berdasar deduksi, kesimpulan diambil setelah selesai pengumpulan data dan akhirnya dihitung melalui perhitungan statistik. Analisa data kuantitatif membentuk batasan yang diterima atau ditolak oleh teori yang telah ada. Sedangkan pendekatan kualitatif memakai penyimpulan konsep, induktif, model, tematik, dan sebagainya. Analisa data kualitatif dapat membentuk teori dan nilai yang dianggap berlaku di suatu tempat.
Hubungan dengan responden
            Pada pendekatan kuantitatif peneliti mempunyai jarak dengan yang diteliti, sering tanpa kontak, dominasi pada peneliti (peneliti merasa lebih), dan seterusnya. Pada pendekatan kualitatif diperlukan hubungan yang sederajat dan tidak terbatas atau membedakan antara yang meneliti dan diteliti. Hubungan ialah emphatik, kontak yang intensif, interview mendalam, dan sebagainya. Mereka yang meneliti harus tenggelam atau sama derajat dengan yang diteliti.
Usulan Penelitian
            Pada pendekatan kuantitatif luas dan rinci, literatur mempunyai hubungan dengan masalah dan variabel yang diteliti, prosedur dan langkah-langkahnya spesifik dan rinci, dan masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas. Sedangkan pada pendekatan kualitatif, singkat, literatur yang digunakan bersifat sementara, prosedur bersifat umum, masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan, fokus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan. 

10.  Sebut dan jelaskan desain-desain penelitian pendidikan yang anda ketahui?
Jawab :
            Desain-desain penelitian diantaranya adalah penelitian sejarah, penelitian deskripsi, penelitian pengembangan, penelitian studi kasus, penelitian tindakan kelas, penelitian korelasi, penelitian sebab akibat, penelitian eksperimen.

11.  Bagaimana prosedur penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan?
Jawab :
            Pertama tentukan rumusan masalah, kemudian cari teorinya, tentukan hipotesis, kumpulkan data, yaitu dengan menentukan populasi dan sampel, buat instrumen lalu uji validitas dan reliabilitasnya. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dan buat kesimpulan serta saran




12.  Bagaimana prosedur penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan ?
Jawab :
            Lakukan studi pendahuluan, kemudian buat pradesain penelitian, seminar pradesain, kemudian memasuki lapangan, kumpulkan data, analisis data, periksa keabsahaan data, sajika data.

13.  Bagaimana prosedur penelitian pengembangan pendidikan ?
Jawab :
            Tentukan rumusan masalah, kemudian kumpulkan data, buat desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi akhir, produksi masal
14.  Apa yang anda ketahui tentang mixing methods dalam penelitian pendidikan ?
Jawab :
            Mixing method merupakan metode kombinasi, yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif.[3] sehingga menghasilkan menghasilkan fakta yang lebih komprehensif dalam penelitian.

Comments

  1. bagaimana strategi satuan pendidikan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya agar tetap bisa eksis, terlebih dimasa pandemi COVID-19 yang melanda dunia sekarang ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research