PENILAIAN ACUAN NORMA (PAN) dalam pembelajaran


PENILAIAN ACUAN NORMA (PAN)

1.      PENDAHULUAN
Menurut Sidney P. Rollins (1979 : 249), “ Evaluation is the process of making judgments” (evaluasi merupakan proses pembuatan keputusan, dimulai dengan pengumpulan data-data dan informasi dan akhirnya dibuat suatu kesimpulan). Sedangkan Benjamin S. Bloom sebagaimana dikutip oleh Suke Silverius (1991 : 4), menjelaskan bahwa evaluasi merupakan “pengumpulan suatu kenyataan secara sistematis untuk menetapkan sesuatu”
Fungsi evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri. Tujuan evaluasi pendidikan ialah untuk mendapat data pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler.
Evaluasi digunakan oleh guru-guru dan para pengawas pendidikan untuk mengukur atau menilai sampai dimana keefektifan pengalaman-pengalaman mengajar, belajar, dan metode-metode mengajar yang yang digunakan. Dengan demikian, dapat dikatakan betapa penting peranan dan fungsi evaluasi dalam proses belajar-mengajar (Purwanto, 2000 : 5).
Salah satu bentuk akhir evaluasi adalah diperolehnya penilaian yang berbentuk simbol angka atau huruf. Nilai angka ataupun nilai huruf itu umumnya merupakan hasil tes dan ujian yang diberikan oleh guru kepada siswa. Untuk memperoleh dan mengolah nilai-nilai menjadi nilai akhir seorang siswa dapat dilakukan dengan mengacu kepada kriteria atau patokan tertentu, dan salah satunya adalah dengan prosedur Penilaian Acuan Norma (PAN).

3.        PEMBAHASAN
3.1.Penjelasan Prosedur Penilaian Acuan Norma
Penilaian acuan norma adalah suatu penilaian yang memperbandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa lain dalam kelompoknya (Masidjo, 1995 : 160). Dengan kata lain tinggi rendahnya performan seorang siswa sangat bergantung pada kondisi performan kelompoknya (Munthe, 2009 : 225).Maka secara singkat dapat dirumuskan bahwa penilaian acuan Norma adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu norma kelompok; nilai-nilai yang diperoleh siswa diperbandingkan dengan nilai-nilai siswa yang lain yang masuk di dalam kelompok itu.
pengertian “norma” dalam hal ini adalah kapasitas atau prestasi kelompok, sedangkan yang dimaksud dengan “kelompok” di sini adalah semua siswa yang mengikuti tes tersebut. Jadi, pengertian “kelompok” yang dimaksud dapat berarti sejumlah siswa dalam suatu kelas, sekolah, rayon, propinsi atau wilayah (Purwanto, 200 : 77). 
PAN berorientasi pada prestasi real yang dapat dicapai oleh kelompok yang dinyatakan dalam prestasi rata-rata kelompok atau Mean (M) beserta deviasi standarnya (S) pada kurva normal. Besar prestasi rata-rata kelompok bersama deviasi standar pada kurva normal dipakai sebagai dasar untuk menentukan batas lulus atau Passing Score dan skor-skor lain berikut nilai-nilainya. Dengan demikian PAN sangat tergantung pada besar M dan S yang diperoleh.
Mengingat Mean dan deviasi standar sangat berperan dalam PAN, maka perhitungan M dan S harus dikuasai oleh guru.Karena perolehan Mean dan deviasi standar dari berbagai sekolah masih bervariasi, dalam PAN dibedakan Pan tipe I da tipe II (Masidjo, 1995 : 161).
3.1.1.      Penilaian Acuan Norma (PAN) tipe 1
Tipe I ini seorang guru menentukan batas lulus atau passing score yang dikaitkan dengan besar prestasi rata-rata kelompok (M) dan deviasi standar (S). Dengan kata lain batas lulus atau passing score ditentukan sebesar M + 0.25 di beri nilai cukup. Untuk nilai-nilai di atas dan di bawah cukup diperhitungkan sebagai berikut :

Skor – skor                                                                         Nilai
Angka                                                 Huruf
M + 2.25S                       =                            10
M + 1.75S                       =                            9                                             A
M + 1.25S                       =                            8
M + 0.75S                       =                            7                                             B
M + 0.25S                       =                            6                                             C
M - 0.25S                        =                            5                                             D
M - 0.75S                        =                            4
M - 1.25S                        =                            3                                             E
M - 1.75S                        =                            2
M - 2.25S                        =                            1

Contoh :
Dari suatu pengukuran prestasi belajar siswa kelas 1 SMU Nusa Dua dalam mata pelajaran sejarah dengan menggunakan tes karangan (n = 6) diperoleh skor-skor dari 10 siswa kelas 1 (N = 10) sebagai berikut :

No.
Nama
Skor

No.
Nama
Skor
1
Amir
11
6
Ari
6
2
Amin
14
7
Asih
11
3
Aman
7
8
Atik
11
4
Agus
9
9
Ana
7
5
Adi
1
10
Asis
3

Selain itu diketahui total skor yang seharusnya dicapai = 17, M = 8.0 dan S = 4.0. maka skor-skor tersebut harus di ubah menjadi nilai-nilai bersimbol angka dan huruf dengan PAN tipe I.

Skor – skor                                                                        Nilai
Angka                         Huruf
M + 2.25S    =  8.0 + 2,25x4 = 17      =     10
M + 1.75S    =  8.0 + 2,25x4 = 15      =     9                                              A
M + 1.25S    =  8.0 + 2,25x4 = 13      =     8
M + 0.75S    =  8.0 + 2,25x4 = 11      =     7                                              B
M + 0.25S    =  8.0 + 2,25x4 = 9        =     6                                              C
M - 0.25S     = 8.0 - 2,25x4 = 7          =     5                                              D
M - 0.75S     = 8.0 - 2,25x4 = 5          =     4
M - 1.25S     = 8.0 - 2,25x4 = 3          =     3                                              E
M - 1.75S     =  8.0 - 2,25x4= 1          =     2
M - 2.25S     =  8.0 - 2,25x4= -1         =     1

Skor-skor Nilai Angka                           Skor-skor       Nilai Huruf
17               =     10                                    15 – 17            =     A
15 – 16       =     9                                      11 – 14            =     B
13 – 14       =     8                                      9 – 10              =     C
11 – 12       =     7                                      5 – 8                =     D
9 – 10         =     6                                      -1 – 4              =     E
7 – 8           =     5
5 – 6           =     4
3 – 4           =     3
1 – 2           =     2
-1 – 0          =     1

Jadi nilai yang diperoleh 10 siswa adalah :
No
Nama
Skor
Nilai angka
Nilai huruf

No
Nama
Skor
Nilai angka
Nilai huruf
1
Amir
11
7
B
6
Ari
6
4
D
2
Amin
14
8
B
7
Asih
11
7
B
3
Aman
7
5
D
8
Atik
11
7
B
4
Agus
9
6
C
9
Ana
7
5
D
5
Adi
1
2
E
10
Asis
3
3
E



3.2.2.      Penilaian Acuan Norma (PAN) tipe II
Tipe II ini seorang guru menentukan batas lulus yang dikaitkan dengan Mean (M) dan deviasi standar (S). Dengan kata lain batas lulus ditentukan sebesar M – 1S diberi nilai cukup. Dibandingkan dengan PAN tipe I, passing scorePAN tipe II boleh dikatakan lebih rendah.
Setelah passing score untuk nilai cukup ditentukan, nilai-nilai lain di atas dan di bawah cukup diperhitungkan.
Skor-skor                                                          Nilai Huruf
Di atas M + 2S                                          =              A
M + 1S dan M + 2S                                  =              B
M – 1S dan M + 1S                                   =              C
M – 2S dan M – 1S                                   =              D
Di bawah M – 2S                                      =              E
Skor-skor                                                          Nilai Angka
M + 2.5S dan M + 3S                               =              10
M + 2   S dan M + 2.5S                            =              9
M + 1.5S dan M + 2    S                           =              8
M + 1   S dan M + 1.5 S                           =              7
M -  1   S dan M + 1    S                           =              6
M -  1.5S dan M -  1    S                           =              5
M -  2   S dan M -  1.5 S                           =              4
M -  2.5S dan M -  2    S                           =              3
M -  3   S dan M -  2.5 S                           =              2
Di bawah M - 3S                                       =              1

Kemudian skor-skor dari mata pelajaran sejarah tersebut di atas dinilai dengan PAN tipe II, maka diperoleh nilai-nilai yang bersimbol huruf dan angka sebagai berikut :
SKOR-SKOR                                                                    Nilai Huruf
Di atas M + 2S         =  8 + 2x4 : 16                                   = A
M + 1S dan M + 2S = 8 + 1x4 : 12 dan 8 + 2x4 : 16         = B
M – 1S dan M + 1S =   8 - 1x4 : 4   dan 8 + 1x4 : 12        = C
M – 2S dan M – 1S =   8 - 2x4 : 0   dan 8 - 1x4 : 4           = D
Di bawah M – 2S    =   8 - 2x4 : 0                                      = E

Karena M + 1S merupakan batas bawah dari nilai B (12), batas atas dari nilai C menjadi : M + 1S – 1 (12 – 1 = 11). Begitu pula karena M – 1S merupakan batas bawah dari nilai C (4), batas atas dari nilai D menjadi: M – 1S – 1 (4 – 1 = 3). Apabila skala tersebut disederhanakan, maka,
Skor-skor                                          Nilai Huruf
17 ( di atas 16 )                                  =     A
12 – 16                                               =     B
4 – 11 ( 12 – 1 )                                  =     C
0 – 3 ( 4 – 1 )                                      =     D
-1 ( di bawah )                                    =     E

Skor-skor                                      Nilai Angka
M + 2.5S dan M + 3   S =              8 + 2.5x4 : 18 dan    8 + 3x4 : 20        = 10
M + 2   S dan M + 2.5S =              8 + 2x4 : 16 dan 8 + 2.5x4 : 18           = 9
M + 1.5S dan M + 2   S =              8 + 1.5x4 : 14 dan   8 + 2x4 : 16         = 8
M + 1   S dan M + 1.5 S =             8 + 1x4 : 12 dan 8 + 1.5x4 : 14           = 7
M -  1   S dan M + 1    S =             8 - 1x4 : 4dan    8 + 1x4 : 12   = 6
M -  1.5S dan M -  1    S =                         8 - 1.5x4 : 2dan      8 - 1x4 : 4 = 5
M -  2   S dan M -  1.5 S =             8 - 2x4 : 0 dan   8 - 1.5x4 : 2               = 4
M -  2.5S dan M -  2    S =                         8 - 2.5x4 : -2dan      8 - 2x4 : 0           =  3
M -  3   S dan M -  2.5 S =             8 - 3x4 : -4dan   8 - 2.5x4 : -2 =  2
Di bawah M - 3S             =             8 - 3x4 : -4                                           =  1

Apabila skala tersebut disederhanakan, maka menjadi:
Skor-skor                                          Nilai Angka
18 – 20                                               =     10
16 – 17 (18 – 1)                                  =     9
14 – 15 (16 – 1)                                  =     8
12 – 13 (14 – 1)                                  =     7
4 – 11 (12 – 1)                                    =     6
2 – 3 (4 – 1)                                        =     5
0 – 1 (2 – 1)                                        =     4
-2 - -1 (0 – 1)                                      =     3
-4 - -3 (-2 – 1)                                     =     2
-5 (-4 – 1 )                                          =     1

Jadi nilai yang diperoleh siswa adalah :
No.
Nama
Skor
Nilai angka
Nilai huruf

No.
Nama
Skor
Nilai angka
Nilai huruf
1
Amir
11
6
C
6
Ari
6
6
C
2
Amin
14
8
B
7
Asih
11
6
C
3
Aman
7
6
C
8
Atik
11
6
C
4
Agus
9
6
C
9
Ana
7
6
C
5
Adi
1
4
D
10
Asis
3
5
D

3.2.Ciri-ciri Prosedur Penilaian Acuan Norma (Aunurrahman, 2009 : 103)
·       Tidak untuk menentukan kelulusan seseorang, tetapi untuk menentukan ranking mahasiswa dalam kelompok tertentu
·       Untuk memetakan perbandingan antarmahasiswa
·       Yang Menggarisbawahi perbedaan prestasi antarmahasiswa
·       Hanya mengandalkan nilai tunggal dan peringkat tunggal
·       Penilaian didasarkan pada distribusi skor dengan menggunakan satu rumus.

3.3.       Kelebihan dan kekurangan Prosedur Penilaian Acuan Norma
Ø  Kelebihan penilaian acuan Norma, antara lain :
·      Asumsi bahwa tingkat kinerja yang sama diharapkan terjadipada setiap kelompok mahasiswa
·      Hasil kelompok tengah (mean group) cocok dengan persentase untuk setiap tahun
·      Bermanfaat untuk membandingkan mahasiswa lintas mata kuliah dan memberikan hadiah atau penghargaan utama untuk sejumlah mahasiswa tertentu
·      Mendukung ide tradisional kekauan akademis dan menggunakan standar
Ø  Kekurangan penilaian acuan Norma, antara lain :
·      Sedikit menyebutkan tujuan pembelajaran atau kompetensi mahasiswa : apa yang mereka ketahui atau dapat mereka lakukan
·      Sedikit menyebutkan kualitas pembelajaran
·      Tidak fair karena peringkat mahasiswa tidak hanya tergantung pada tingkat prestasi sendiri, tetapi juga atas prestasi mahasiswa lain
·      Tidak dapat diandalkan: mahasiswa yang gagal sekarang mungkin dapat lulus pada tahun berikutnya.

4.        KESIMPULAN
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok yaitu nilai-nilai yang diperoleh siswa diperbandingkan dengan nilai-nilai siswa yang lain dalam satu kelompok.
Penilaian jenis ini setidaknya mempunyai dua tipe, untuk penggunaanya disesuaikan dengan keadaan peserta didik maupun sekolah sendiri. Namun bagaimanapun suatu konsep sebagus apapun tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan begitu pula dalam prosedur penilaian ini yang tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan.

5.       





DAFTAR PUSTAKA

Aunurrahman, 2009, Belajar dan Pembelajaran,Bandung : ALFABETA.
Masidjo, 1995,Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, Yogyakarta: Kanisius.
Munthe, Bermawy, 2009, Desain Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Insani Madani.
Purwanto, M. Ngalim, 2000, Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sidney P. Rollins, 1979, Introdution to Secondany Education, Cicago: Rand Menally and Company.
Silverius, Suke, 1991,Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: Grafindo.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA

Tanya Jawab tentang Mixed Methode Research